Ibas ke Petani: Tolong Jangan Goyah Semangat untuk Tanam

Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono dengan tegas menolak dilakukannya impor beras. Menurut Ibas, regulasi impor beras tidak memberikan keuntungan bagi petani

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Sebaliknya, malah merugikan sebab petani harus bersaing dengan harga beras yang relatif lebih murah. Terang saja lebih murah, produksi beras para importir menggunakan banyak alat canggih yang memangkas jam dan biaya pertanian. 

Berlandaskan alasan ini, sebagai langkah terus mendukung makmurnya petani negeri, pada Sosialisasi 4 Pilar MPR RI serentak di Ponorogo, Trenggalek, dan Pacitan, Ibas kembali menyalurkan bantuan alat tani. Bantuan ini merupakan hasil kawalannya dari Program Combine Harvester Komisi IV DPR RI.

BPS Sumsel Rilis Nilai Tukar Petani, Naik 2,97 Persen pada Maret

Melalui sambutannya, Ibas mengungkapkan rasa prihatinnya akan kondisi masyarakat dan perekonomian saat ini. Dirinya juga berharap agar program kawalannya bisa memberikan semangat baru. 

“Semoga bantuan program kawalan alat panen combine ini bisa menjadi semangat modernisasi untuk pertanian kita. Semoga, ke depannya, hasil panen dapat semakin baik dan kita dapat melakukan proses pemanenan dengan baik, cepat, dan efisien. Tentu hasil akhirnya lebih untung dengan adanya nilai tukar petani yang berkeadilan,” ujar Ibas, Minggu 1 Agustus 2021.

Seribu Ton Beras Impor Masuk Pulau Sumbawa, Anggota DPR: Mencekik Petani

Ibas juga menyampaikan bahwa dirinya memahami duka dan ketakutan yang sedang dialami rakyat. Akan tetapi, dirinya berharap para petani tidak patah semangat dalam bertani, sebab para petani adalah sosok di balik ketahanan pangan negeri. 

“Saya berharap, walaupun hati kita sedih dan prihatin, tolong jangan menggoyahkan semangat untuk tanam, panen pertaniannya. Sangat penting dan diperlukan untuk ketahanan pangan kita. Monggo kita bareng-bareng, bahu membahu menyusun kembali harapan dan perjuangan untuk masyarakat yang adil dan makmur,” kata dia. 

Menanggapi bantuan dari Ibas ke petani Pacitan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. Diakui Mas Aji, Program ini sangat bermanfaat untuk warga Pacitan. Dirinya juga berharap Ibas dan semua petani diberikan keselamatan dan kesejahteraan.

Pak Yanto, salah seorang petani dari Trenggalek juga ikut menyampaikan aspirasinya. 

“Saya mewakili seluruh Kelompok Tani yang ada di desa, mengucapkan terima kasih kepada Mas Ibas atas bantuan alat panen padi. Alat ini sangat membantu kami dalam menggarap 206.000 hektar. Semoga semakin banyak bantuan yang bisa diberikan pemerintah dan JLS (Jalan Lingkar Selatan) bisa dipercepat pembangunannya”, ujar Pak Yanto mewakili petani di kelompoknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya