Kibarkan Merah Putih Menggema Jelang HUT Ke-76 RI

Bendera Merah Putih.
Sumber :
  • Nur Faishal/ VIVA.

VIVA – Agustus bulan kemerdekaan RI. Di bulan itu setiap tahun rakyat Indonesia memperingati hari kemerdakaan yang puncaknya tepat di tanggal pembacaan teks Proklamasi, 17 Agustus. Kali ini adalah tahun ke-76. Menyongsong itu, ajakan mengibarkan bendera merah putih sebulan penuh menggaung di dunia maya dan nyata.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Sejak Sabtu kemarin gerakan mengibarkan bendera merah putih itu mulai menggema. Salah satunya oleh para pedagang di  di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Dharmahusada Surabaya, Jawa Timur. Mereka memasang bendera kecil di gerobak-gerobak dan meja tempat para pedagang menjajakan dagangan kulinernya.

Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76, gerakan memasang bendera merah putih yang dilakukan komunitas pedagang juga sebagai penyemangat melawan COVID-19. Diketahui, sejumlah pedagang dan dan beberapa elemen belakangan ini mengibarkan bendera putih sebagai tanda menyerah atas kondisi pandemi.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Ini menghormati dan kita memberikan semangat kepada pedagang Surabaya, walau pun dalam keadaan seperti ini kita tetap semangat," kata Ketua Paguyuban SWK Dharmahusada Surabaya Syafii Salahudin.

Di Kota Blitar dan Sumenep, Kepolisian Resor setempat membagikan bendera merah putih kepada warga penerima bantuan sosial di seluruh kecamatan daerah setempat. Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, bagi-bagi bendera merah putih sebagai bagian dari peringatan HUT RI ke-76, sekaligus memupuk semangat merah putih dalam menghadapi COVID-19.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Pesantren, Kepala BIN: Ketahanan NKRI Ada di Sini

Di jagat maya, gerakan serentak mengibarkan bendera merah putih 1-31 Agustus 2021 juga tersiar luar di berbagai platform media sosial. Salah satunya disebarkan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur di akun Instagram, Twitter, dan Facebook resminya, serta jejaring aplikasi WhatsApp.

PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya pun demikian. Untuk memperingati HUT RI ke-76, lokomotif dan gerbong kereta dihias dengan livery khusus bertema kemerdekaan RI. Ada empat unit lokomotif dan 37 unit gerbong yang dihias dengan livery khusus. Yakni KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi-Gambir), KA Argo Wilis (Surabaya Gubeng-Bandung), KA Gajayana (Malang-Gambir), dan KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung).

“Pemasangan livery khusus peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada Kereta Api ini sebagai wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas bagi masyarakat Indonesia,” ujar Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 1 Agustus 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya