BIN Gempur Vaksinasi di Ponpes dan Door to Door di 3 Provinsi

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan meninjau vaksinasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi untuk pelajar di sejumlah pondok pesantren dan warga secara door to door di tiga provinsi dengan target 7.000 orang. Selain itu, BIN juga membagikan 7.000 paket sembako kepada warga.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, tiga provinsi tersebut yakni Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Dia juga menjelaskan alasan dipilihnya lokasi vaksinasi.

"Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif rate-nya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut," ujar Budi Gunawan di Pondok Pesantren Ummul Qura, Jl Pondok Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 1 Agustus 2021.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Budi menyebut, pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan NKRI. Sebab, di tempat ini para penerus bangsa dididik.

"Pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan kita, karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran," ucap Budi Gunawan.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Di samping itu, BIN juga mengadakan vaksinasi secara door to door. Budi Gunawan mengatakan, vaksinasi door to door dilakukan supaya mencegah laju kematian akibat COVID-19.

"Kami menargetkan saat ini bagaimana menekan angka laju kematian, makanya kami masuk di perumahan-perumahan padat penduduk," kata dia.

Dalam kesempatan sama, Pimpinan Ponpes Ummul Qura, KH Syarif Rahmat mengucapkan terima kasih terhadap BIN. Dia berharap, semua pihak saling bahu-membahu berperang melawan virus corona.

"Saya berharap kepada saudara-saudara saya para kyai, para ulama, para guru dan seluruh pendidik, masyarakat, untuk bahu membahu tolong menolong dan menyampaikan bahwa saatnya kita berperang. Tidak boleh berbeda pendapat," tutur Syarif.

Selain menggelar vaksinasi, BIN juga membagi-bagikan sembako terhadap para warga yang terdampak COVID-19. Total ada 7.000 paket sembako beserta vitamin yang diberikan kepada warga di 3 provinsi yang sama.

Ketua RT 003/04 Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Suparman menyambut positif kegiatan ini. Terlebih, kata Suparman, mayoritas warganya berprofesi sebagai pedagang harian sehingga mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19.

"Terimakasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN atas bantuannya dan partisipasinya kepada waraga Pondok Cabe ini khususnya RT saya. Terimakasih yang terhingga telah memberikan bantuan sembako dan vaksinasi massal," ujar Suparman.

Secara terpisah, Arwiyah, salah satu warga yang berprofesi sebagai pedagang sayur mengaku bersyukur mendapatkan bantuan sembako ini. Sebab, semenjak pandemi berlangsung penghasilannya menurun.

"Alhamdulillah bukan senang lagi, saya hidup sendiri berjualan sayur semenjak COVID-19 pendapatan menurun, sangat bersyukur dengan adanya sembako ini," jelas Arwiyah.

Baca juga: Kapolri Luncurkan Gerakan Vaksinasi Merdeka Demi Capai Herd Immunity

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya