Pesan Jokowi: Tetap Waspada Meski Kasus COVID-19 Menurun

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada atas penyebaran virus COVID-19 terutama varian delta saat ini. Diakui, saat ini memang angka kasus konfirmasi COVID-19 sudah mengalami penurunan.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

“Bapak Presiden mengingatkan, selain bersyukur kita harus tetap waspada. Karena virus ini sulit diduga penyebarannya terjadi dimana-mana seluruh dunia,” kata Budi Gunadi dalam keterangannya melalui Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 2 Agustus 2021.

Dalam tujuh hari terakhir, kata dia, kasus kofirmasi COVID-19 di Indonesia terutama di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan. Termasuk keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

“Jadi Bapak Presiden menekankan kita bersyukur bahwa kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi, tekanan di rumah sakit. Tapi jangan lupa, kita harus terus waspada. Sekarang negara-negara besar dunia juga naiknya tinggi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Budi Gunadi mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras menjadi pahlawan melawan COVID-19. Namun, ia juga sedih karena masih ada tenaga kesehatan yang terpapar dan wafat.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

“Saya turut berduka cita, saya percaya apa yang dilakukan teman-teman tenaga kesehatan adalah hal luar biasa untuk bisa menyelamatkan dan melindungi rakyat Indonesia,” jelas dia.

Di samping itu, Budi juga mengapresiasi kepala daerah terutama wilayah Jawa dan Bali yang sudah bekerja keras menghadapi pandemi ini. Menurutnya, sebagai pejabat publik menjadi risiko menghadapi publik. Meski keberhasilan kadang tidak terlihat.

“Tapi kalau salah sedikit, sudah pasti kita akan mendapatkan teguran, celaan. Itu suatu yang normal. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pejabat publik kepala daerah, TNI, Polri yang sudah bekerja keras untuk bisa menghadapi pandemi terutama Jawa-Bali. Kerja keras terbukti berhasil menurunkan kasus aktif dalam seminggu terakhir ini,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya