Isoman Apung Mulai Beroperasi, Pasien Didominasi Klaster Keluarga

Pasien isolasi mandiri menaiki tangga KM Umsini.
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Kapal KM Umsini mulai dioperasikan hari ini sebagai tempat isolasi mandiri (Isoman) bagi warga Kota Makassar yang terdeteksi terpapar COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kurang lebih 100 pasien positif COViD-19 dari 47 puskesmas se-kota Makassar langsung menaiki KM Umsini Senin sore tadi, dan mereka akan berlabuh di depan Pulau Lae-lae, lokasinya tidak jauh dari daratan Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama dengan jajaran Forkopimda Makassar menyaksikan secara langsung pasien dan tenaga medis yang sedang berjuang untuk sembuh.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Hari ini secara resmi KM Umsini sudah bisa dimanfaatkan untuk warga Makassar yang terpapar COVID-19 dan tidak bergejala. Besar harapan masa isolasi berkisar 5-10 hari, dan bisa sembuh sehingga bisa kembali menjalani aktivitasnya kembali," kata Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar, Senin 2 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, konsep isolasi apung terpadu diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan pasien di atas kapal.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Isolasi apung terpadu menghadirkan konsep pemulihan, training motivasi serta olahraga dan rekreasi. Konsep ini dipadukan agar tidak ada kejenuhan selama masa isolasi, yang tentunya dalam pengawasan dan pendampingan tenaga medis,” kata Danny.

Sementara itu, dari total jumlah peserta isolasi yang masuk Senin sore tadi, kebanyakan di antaranya berasal dari klaster keluarga.

“Jangan anggap enteng gejala biasa yang menyerupai flu. Sebaiknya memeriksakan diri sebelum terlambat. Kondisi hari ini menunjukkan klaster keluarga mendominasi dan menjadi urutan atas penyebaran COVID-19," ucap Danny.

Sejumlah paket diberikan kepada setiap pasien, yakni masker, vitamin dan jus tradsar. Untuk juice tradsar sendiri merupakan minuman herbal Makassar yang telah memiliki izin BPOM dan dipercaya dapat mengobati COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya