Profil Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri Penerima Sumbangan Rp2 T

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S
Sumber :
  • komeringonline.com

VIVA – Nama Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Inspektur Jenderal Polisi Eko Indra Heri ikut terseret dalam kasus mendiang keluarga Akidi Tio. Pasalnya, Kapolda Sumsel itulah yang menerima simbolis sumbangan senilai Rp2 triliun pada Senin, 26 Juli 2021.

Momen Haru Kapolda Jambi Rusdi Hartono Bertemu Kapolda Sumsel Usai Berhasil Dievakuasi

Namun, baru-baru ini sumbangan yang ditujukan untuk membantu penanganan COVID-19 di wilayah Sumatera Selatan itu diketahui tidak pernah ada. Menanggapi kegaduhan kasus yang menyeret namanya, Irjen Eko Indra menegaskan ia  hanya berusaha menyalurkan kebaikan.

“Berpikir positif saja. Terkait proses itu nanti, saat ini tim sedang bekerja,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin, 2 Agustus 2021.

Polri Bantah Mutasi Irjen Eko Indra Imbas Donasi Bodong Akidi Tio

“Saya kan niat baik, ada orang mau menyumbang untuk Sumsel melalui saya, maka saya salurkan, tolong dicatat kalau pun ada dananya itu bukan untuk saya, itu hanya titipan untuk masyarakat,” lanjutnya.

Profil Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri

Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Dimutasi

Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, MM adalah seorang perwira tinggi polri yang mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan sejak 1 Mei 2021. 

Lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 23 November 1964, pria berusia 56 tahun itu adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1988 dan memiliki pengalaman di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Asisten Kapolri Bidang SDM.

Sebelum diamanahkan untuk menyalurkan bantuan tunai senilai Rp2 triliun oleh mendiang pengusaha Akidi Tio, Irjen Eko sudah menjalin persahabatan dengan keluarga Akidi Tio sejak 1990-an.

Sebab, saat itu memang rumah keluarga Akidi berlokasi dekat dengan rumah dinas polisi yang ditinggali oleh Irjen Eko Heri.

Sebelum menjadi Asisten SDM Kapolri pada tahun 2018, ia juga sudah dipercaya memegang jabatan penting lainnya. Beberapa di antaranya adalah Karobinkan SSDM Polri (2017), Karojianstra SSDM Polri (2015), dan Kabagren Rojianstra SSDM Polri (2014).

Belum lama ini, pada akhir Juni 2021 lalu, Irjen Eko Indra baru saja dikukuhkan sebagai Guru Besar di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK). Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri menerima penganugerahan dan pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya