Sambut Kemerdekaan, Polda Jatim Gelar Vaksinasi Hingga 17 Agustus

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta meninjau vaksinasi di Gresik.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta mengatakan bahwa program vaksinasi bertema kemerdekaan akan berlangsung setiap hari di sejumlah titik di Jatim hingga 17 Agustus 2021. Masyarakat diminta mendaftar ke kantor kepolisian terdekat atau melalui Bhabinkamtibmas dan Babinnsa.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Hal itu disampaikan Nico saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di atas kapal dan dermaga di Kroman, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa, 3 Agustus 2021.

"Hari ini kami bersama jajaran Dit Polairud Polda Jatim bersama Polres Gresik, didukung oleh Biddokkes dan jajarannya, melakukan kegiatan vaksinasi merdeka, dengan sasaran nelayan dan masyarakat pesisir, dengan jumlah 900 orang," katanya.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Ia menjelaskan, pada momentum HUT RI ke-76, kepolisian telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang belum disuntik vaksin yang akan dilaksanakan hingga 17 Agustus.

“Bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin, silakan mendaftar ke kesatuan kepolisian terdekat, bisa di Polair, bisa di Polres Gresik, Polsek, maupun Babinsa, dan Babinkamtibmas," ujar Nico.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Baca juga: 500 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Di lokasi, selain meninjau vaksinasi, Nico juga membagikan paket bantuan sosial kepada para nelayan dan masyarakat pesisir setempat. Ia juga menyapa warga yang antre untuk disuntik vaksin dan mengingatkan mereka agar selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada.

"Ayo kita semuanya melaksanakan vaksin. Ini merupakan bagian dari pencegahan penyebaran COVID. Di luar itu, ayo kita tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu menjaga protokol 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi kegiatan," ajak Nico.

Sejak beberapa bulan lalu, program vaksinasi digalakkan oleh pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Jawa Timur termasuk provinsi yang berupaya keras mencapai target vaksinasi.

Dalam beberapa kesempatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa Jatim ingin memberikan kado herd immunity di puncak HUT RI ke-76 nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya