Satgas: Belum Ada Bukti Hewan Bisa Tularkan COVID-19 ke Manusia

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Ditemukannya sejumlah hewan terinfeksi COVID- 19 menimbulkan polemik dan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Hewan tersebut dikhawatirkan bisa menularkan COVID-19 ke manusia, tapi benarkah?

Juru Bicara Pemerintah Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan belum ada bukti ataupun penelitian yang menyebut hewan bisa menularkan virus tersebut ke manusia.

"Sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus ke manusia," kata Wiku, Selasa 3 Agustus 2021.

Wiku justru mengimbau masyarakat menjaga hewan peliharaanya jika terinfeksi. Walau belum ada bukti, masyarakat diminta tetap hati- hati. 

Sementara itu, berdasarkan laporan yang diketahuinya, hingga ini saat ini tercatat ada 500 kasus COVID-19 ditemukan pada 10 spesies hewan di 30 negara.

"Oleh karena itu masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau untuk tidak panik dan selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan peliharaannya," ujarnya.

Di sisi lain, Wiku yang juga ahli penyakit infeksi ini meminta masyarakat tetap waspada. Serta, kalaupun masyarakat ada yang terkena virus Corona, sebaiknya sementara tidak mendekat ke hewan peliharaannya.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaannya ketika sedang terinfeksi COVID, kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala," ujar Wiku.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024