Ratusan Nakes di Medan Mulai Divaksinasi Booster COVID-19

Ratusan Nakes di RSUPH Adam Malik jalani vaksinasi booster COVID-19
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Ratusan tenaga kesehatan (Nakes) bertugas di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM), Kota Medan mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster COVID-19, Selasa 3 Agustus 2021.

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu

Vaksinasi dosis ketiga dilaksanakan di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan itu menggunakan vaksin COVID-19 Moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat.

“Kita sudah menerima vaksin Moderna dari Jakarta yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, kita langsung melakukan vaksinasi booster bagi nakes ini di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM,” kata Sub Koordinator Hukormas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak.

Nakes yang Dipecat Bupati Manggarai Curhat ke Ketua DPRD: Belum Terima Gaji dari Januari 2024

Pelaksanaan vaksinasi booster pada hari pertama di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini diikuti sebanyak 117 nakes. Selanjutnya, untuk tahap awal, Tim Vaksinasi COVID-19 RSUP HAM sudah menjadwalkan sebanyak 300 nakes akan menjalani vaksinasi booster ini setiap hari sampai tanggal 07 Agustus 2021. 

Rosario mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster ini sendiri ditargetkan akan selesai pada awal September 2021 mendatang.

Asosiasi Nakes Kecam Pemecatan Massal 249 Orang oleh Bupati Manggarai NTT

"Secara total, ada sebanyak 3.873 nakes di RSUP H Adam Malik yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster," kata Rosario.

Jumlah tersebut, termasuk juga asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di rumah sakit tipe II A ini. Sedangkan alokasi vaksin Moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 280 vial untuk penyuntikan 3.920 dosis.

Sementara itu, RSUP H Adam Malik juga masih melayani vaksinasi COVID-19 dosis kedua bagi masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama di rumah sakit ini. Vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing. 

Sedangkan untuk vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat umum, untuk sementara ini ditiadakan sampai stok vaksin kembali dikirim dari Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya