Ridwan Kamil Waspadai COVID-19 Varian Kappa di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat mewaspadai jenis baru virus corona atau COVID-19 yaitu varian Kappa.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Ridwan Kamil memastikan penerapan protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas jadi kunci menangkal penularan varian COVID-19.

"Waspada ya, karena saya dengar ada varian Kappa, jadi apalagi ini? Artinya apa? 5M jangan kendor walaupun kasus turun," ujar Ridwan Kamil di Terminal Leuwi Panjang Kota Bandung, Rabu 4 Agustus 2021.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LB) Eijkman, Prof.Amin Soebandrio mengkonfirmasi jika varian Kappa sudah ditemukan di Indonesia, tepatnya satu di DKI Jakarta dan satu di Sumatera.

Varian Kappa juga dikenal sebagai B.1.167.1. Varian ini pertama kali ditemukan di India pada Oktober 2020 dan dikenal jauh lebih tidak intens daripada varian lainnya. Sampai saat ini, para ahli belum memetakan apakah virus varian Kappa tersebut seberbahaya kerabatnya, Delta.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Namun berhubung Kappa masih dekat dengan varian Delta, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan varian Kappa dalam kategori varian yang menarik atau Variant of Interest (VoI), bukan varian yang menjadi perhatian atau Variant of Concern (VoC). 

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024