Vaksinasi Picu Kerumunan, Bobby Nasution: Jangan Bilang di Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meluruskan pelaksanaan vaksinasi massal berlangsung Gedung Olahraga (GOR) di Jalan Willem Iskandar, Selasa 3 Agustus 2021. Bukan berada di Kota Medan, melainkan berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Penyelenggaranya pun, bukan oleh pemerintah kota Medan. Vaksinnya pun bukan milik kota Medan. Bukan milik kota Medan bukan di wilayah kota Medan vaksinnya di luar wilayah kami," kata Bobby Nasution kepada wartawan di Balai Kota Medan, Rabu petang, 4 Agustus 2021.

Menurut menantu Presiden Joko Widodo itu, GOR milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara itu, berada diperbatasan antara Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

"Meskipun di Medan sudah boleh menerima yang bukan warga Medan. Namun (Vaksinasi massal itu) bukan di wilayah kami jadi tidak mungkin kami lakukan. Itu, saya bilang," kata Bobby Nasution.

Suami Kahiyang Ayu itu mengakui bahwa vaksinasi massal itu, banyak juga diikuti oleh warga Kota Medan. Begitu juga warga asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Jadi jangan bilang di Medan, di Deli Serdang. Perbatasan Deli Serdang, saya paham yang datang kesana juga ada masyarakat kita Medan, dari sebanyak itu saya melihat ada masyarakat kota Medan, bukan saja dari masyarakat Deli Serdang," jelas Bobby Nasution.

Sebelumnya, Gebyar Vaksin Presisi, di GOR tersebut, berakhir ricuh. Masyarakat yang akan menjalani vaksinasi massal COVID-19 tersebut, saling berdesakan hingga dilaporkan ada yang pingsan.

Antrean warga membludak untuk vaksinasi di aula Pemprov Sumut, Medan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Vaksinasi massal dilaksanakan di wilayah hukum Polrestabes Medan, juga menimbulkan kerumunan orang dan tanpa mengatur jarak sehingga menggalar protokol lesehatan. 

Situasi ricuh ini, membuat petugas kepolisian kewalahan untuk mengatur warga sudah menunggu lama di luar GOR sejak pagi hari hingga sore. Ribuan masyarakat sudah menunggu lama, meresahkan kesal. Karena vaksinasi digelar oleh pihak kepolisian dinyatakan sudah habis. 

"Oleh karena itu ingin saya sampaikan dalam melaksanakan vaksinasi harus mengikuti protokol kesehatan, karena vaksinasi ini untuk men-support protokol kesehatan. Yang utama, protokol kesehatan," ungkap Bobby Nasution.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya