Yatim Piatu akibat COVID-19 di Yogyakarta Akan Dijamin Pendidikannya

Ilustrasi - Pemakaman dengan prosedur COVID-19 di Kota Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta bakal menjamin pendidikan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 melalui Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (RSPA) DIY.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Mereka akan disekolahkan, baik untuk SD, SMP, maupun hingga SMA," kata Kepala Dinas Sosial DI Yogyakarta Endang Patmintarsih saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis, 5 Agustus 2021.

Meski demikian, anak yatim piatu yang akan ditanggung oleh Dinas Sosial bakal dipastikan terlebih dahulu ada atau tidaknya pengampu dari saudara dekat, termasuk ada atau tidaknya kepemilikan aset.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Apakah dia punya aset, seperti rumah, atau dia masih punya keluarga bulek-kah, bude, atau pakde. Maka itu harus ditanyakan dulu. Jika dia memang sudah sebatang kara, tidak punya apa-apa, dia tidak ada yang mengampu, maka kami punya balai," ujarnya.

Mengenai hal itu, Dinas telah meminta pemerintah kabupaten/kota segera melakukan pendataan, termasuk melakukan penanganan sementara.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

"Sampai saat ini belum ada laporan. Kami kan tidak bisa terus tiba-tiba menangani. Kami harus menyiapkan biaya makan, sekolah, dan semua biaya hidupnya," kata dia.

Endang menyebutkan Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (RSPA) DI Yogyakarta memiliki daya tampung 200 anak dan saat ini sudah dihuni sebanyak 170-an anak yatim piatu atau anak telantar.

Selain menanggung biaya pendidikan, menurut dia, melalui balai itu, Dinas Sosial juga bakal menjamin seluruh kebutuhan hidup anak, termasuk menghadirkan orang tua sambung hingga mampu hidup mandiri.

Dari seluruh anak penghuni balai, menurut Endang, belum ada yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

"Rata-rata mereka karena tidak jelas keberadaan orang tuanya atau orang tuanya tidak harmonis, sehingga agar tidak salah jalan, mereka kami amankan," kata dia.

Menurut Endang, Dinas Sosial siap menambah kapasitas balai RSPA, termasuk penambahan SDM mengantisipasi lonjakan jumlah anak yang yatim piatu akibat COVID-19. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya