Jalani Ritual, Tiga Orang Tersesat di Gunung Ungaran

Tim SAR diturunkan untuk mencari warga yang tersesat di Gunung Ungaran.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Tiga orang tersesat usai melakukan ritual di Gunung Ungaran Kabupaten Semarang. Hingga kini, mereka belum ditemukan. 

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Dari enam orang yang melakukan ritual, tiga orang berhasil sampai di kampung ujung gunung. Sementara tiga lainnya masih dicari oleh tim SAR, Jumat, 6 Agustus 2021. Mereka adalah Roni (40) Mindiyanah (37) dan Seto (50).

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan, kejadian berawal pada Rabu, 4 Agustus 2021 malam, ada 6 orang pelaku ritual mendaki Gunung Ungaran. Mereka berangkat dari Desa Nyatnyono menuju sendang Suroloyo yang berada di ketinggian 1000 mdpl untuk melakukan kegiatan ritual. 

Upacara POUN di Kelenteng Hiap Thian Kiong Karawang, Mohon Doa Keselamatan dan Lindungi Nasib

Namun saat turun ada tiga peserta yang tidak muncul meski sudah ditunggu. Sementara tiga lainnya bisa sampai di Desa Ngipik.

"Setelah ritual selesai mereka turun dengan menjadi 2 rombongan, rombongan pertama Dani, Slamet, dan Nur berhasil sampai di Desa Ngipik namun rombongan Roni, Mindiyanah dan Seto dikabarkan tersesat," ujar Heru.

Menjelajahi Makna Catur Brata Penyepian: Menyambut Hari Raya Nyepi 2024 di Bali

Kantor SAR Semarang memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan disertai alat SAR vertikal dan alat evakuasi. Operasi pencarian dengan mengumpulkan informasi dari saksi Dani, dimana survivor hilang dan untuk mempermudah pencarian tim SAR gabungan mengikuti traking jalur pendakian menuju sendang Suroloyo

"Kendala saat ini pencarian yang luas, kontur tanah berlubang, jurang, dan tidak ada jejak yang ditinggalkan, semoga pencarian diberi kemudahan dan ketiga survivor cepat ditemukan," kata Heru.

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya