Pasien COVID Tolak Isolasi Terpadu di Garut, Bakal Dijemput TNI/Polri

Petugas medis menangani pasien terjangkit positif COVID-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Tingginya angka kematian pasien Positif COVID-19 yang melaksanakan isolasi mandiri, Pemerintah Kabupaten Garut Jawa Barat melibatkan anggota TNI-Polri di Garut untuk penjemputan. Seluruh pasien COVID-19 diharuskan melaksanakan isolasi terpadu tempat yang telah disediakan.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan bahwa banyak pasien COVID-19 yang meninggal dunia saat melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Jadi saat isolasi mandiri banyak pasien COVID-19 tak terpantau sehingga saat bergejala, banyak pasien yang dilarikan ke RSUD dr Slamet Garut tak tertolong, " ujarnya, Jumat 6 Agustus 2021.

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Anggota TNI-Polri tersebut akan mendampingi Tenaga kesehatan (Tracer) saat membujuk warga yang tetap ingin isolasi mandiri. Karena saat ini dalam rangka menekan angka kasus COVID-19 di Kabupaten, menghindari isolasi mandiri pasien COVID-19.

"Nanti (TNI-Polri) akan turun ke lapangan mendampingi tenaga kesehatan," ungkap Rudy.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Baca juga: Luhut Minta Perusahaan Teknologi di Indonesia Tiru Jejak Bukalapak

Lanjut Rudy, anggota TNI-Polri dilibatkan karena banyak pasien bergejala COVID-19 yang menolak untuk dilakukan isolasi terpadu. Padahal dengan isolasi terpadu pasien COVID-19 akan lebih terkontrol, sehingga saat bergejala akan cepat tertangani.

"Ini tujuannya untuk mengurangi kasus isolasi mandiri yang meninggal dunia," katanya.

Selain itu anggota TNI dan Polri juga diterjunkan untuk membantu nakes menelusuri kontak erat kasus COVID-19 khususnya di pelosok wilayah Garut.

" Karena angka kasus COVID-19 diwilayah pelosok Garut cukup tinggi," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya