Terdampak Pandemi, Seniman Terima Bantuan dari Muhaimin

Seniman senior Kirun menerima bantuan dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • Dok. PKB.

VIVA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar, memberikan bantuan ke sejumlah padepokan seni di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bantuan tersebut berupa paket sembako yang disalurkan melalui Padepokan Seni Kirun, Kamis, 5 Agustus 2021.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Pendiri Padepokan Seni Kirun sekaligus seniman senior, Muhammad Syakirun atau akrab disapa Kirun menyatakan bantuan tersebut adalah kali kedua diberikan Muhaimin kepada para pelaku seni, khususnya di wilayah Mataraman.

“Awal pandemi kurang lebih ada 2000 paket, lalu periode ini saya matur DPP dikirim 300 paket, isinya besar 2 liter, mi instan, kecap, sarden minyak dan gula,” kata Kirun, Jumat, 6 Agustus 2021.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Kirun menuturkan bantuan itu dia distribusikan antara lain kepada pelaku seni Ludruk Irama Muda yang berada di Ponorogo, Jawa Timur, Ludruk Suromenggolo yang berada di Magetan, Jawa Timur, Sanggar Griya Seni Kasunarnan di Surakarta, Jawa Tengah, serta seniman Karawitan individu.

Baca juga: Muhaimin: Sektor Pendidikan Jadi Korban Dahsyat Pandemi COVID-19

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Menurut Kirun, bantuan Muhaimin sangat membantu sejumlah pelaku seni yang sejak awal pandemi mengalami kesulitan. Dia menyatakan hampir seluruh pelaku seni menjadi korban dari ganasnya COVID-19.

“Semua terdampak COVID-19. Satu grup karawitan 25 orang, belum ludruk, belum yang campursari, belum seniman, belum penyanyi, pelukis, teater, tukang sound, tukang panggung semua berhenti total. Tapi alhamdulillah, PKB sudah menggelontorkan mulai awal pandemi sampai kemarin itu,” kata Kirun.

Karena itu, dia menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih atas kepedulian Muhaimin kepada para pelaku seni. Dia berkata bantuan kedua Muhamin itu disalurkan kepada pelaku seni.

“Maturnuwun Gus Muhaimin dan teman-teman DPP PKB. Tetap semangat, mantap, kuat dan sehat. Kalau DPP ada beras dan sembako, padepokan Seni Kirun siap mendistribusikan,” kata dia.

Kirun berharap seluruh aktivitas kembali normal. Menurutnya seniman sadar semua orang di dunia merasakan dampak COVID-19, namun dengan semangat kebersamaan diiringi penerapan protokol kesehatan dan gotong royong dia optimis semua akan bangkit.

“Kalau normal petani panen, laju perekonomian pulih, keamanan kondusif, pendapatan PKL, semuanya orang pulih, ada uang, ada panen, ada ekonomi, tentunya kesenian juga pulih, berarti banyak yang ngundang,” kata Kirun.

Sementara itu, Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto, menyatakan bantuan itu merupakan wujud kepedulian Muhaimin kepada para pelaku seni. Para penerima bantuan, kata Bambang, berasal dari sanggar serta pelaku seni tradisional yang terdampak langsung oleh pandemi.

"Para pelaku seni adalah salah satu yang paling terdampak pandemi COVID-19. Job mereka sulit, otomatis penghasilan juga susah. Jadi Gus Muhaimin merasa mereka inilah yang harus dibantu. Makanya kita salurkan ribuan paket sembako untuk mereka yang kami salurkan lewat padepokannya pak Kirun," kata Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya