Pemerintah Beri Formasi Khusus bagi Peraih Medali Olimpiade Jadi ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo usai meresmikan Mal Pelayanan Publik di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 28 Agustus 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan tawaran kepada para atlet yang mendapatkan medali pada Oimpiade Tokyo. 

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan, tawaran itu berlaku bagi semua atlet dengan raihan medali apa pun. Artinya mulai dari emas, perak hingga perunggu.

"Untuk memberikan penghargaan kepada para peraih medali olimpiade dan pelatihnya, pemerintah bisa memberikan formasi khusus menjadi ASN. Menurut hemat saya, ini diperlukan untuk menginspirasi generasi muda agar memiliki motivasi mengharumkan nama bangsa melalui olahraga," kata Tjaho dalam pesan singkatnya, Senin, 9 Agustus 2021.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Menurut Tjahjo, penghargaan ini supaya terjadi adanya keberlanjutan prestasi, baik para juara maupun pelatihnya. Formasi khusus atlet menjadi ASN ini juga pernah diberikan 3 tahun lalu. Tjahjo juga menjamin, meski nantinya mereka menjadi ASN, para atlet dan pelatih tersebut tetap berada dalam sistem pembinaan prestasi.

Dan mengenai hal ini, Tjahjo juga menyampaikan telah berkoordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara. "Tetap ada tes," ujarnya.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Kata Tjahjo, penempatan para atlet yang ingin menjadi ASN pun menyesuaikan keinginan tiap individu. Pemerintah membuka kebebasan bagi atlet memilih karir untuk masa depan mereka di pemerintahan, bisa berada di pemerintah daerah, bukan hanya di instansi kementerian atau lembaga pusat.

Menurut Tjahjo, memfasilitasi para atlet untuk menjadi ASN nanti masuk dalam formasi penerimaan 1,3 juta ASN yang dibuka pada tahun ini. "Menyesuaikan yang diinginkan atlet berprestasi dan pemda mana," kata Tjahjo.
 

Ilustrasi THR.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan total serapan anggaran untuk belanja pegawai telah mencapai Rp 70,7 triliun per 31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024