Warga di Lereng Merbabu Gelar ‘Ritual’ Mencuci Bendera Merah Putih

Sejumlah warga melakukan tradisi unik mencuci bendera Merah Outih secara bersama untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Dukuh Beji, Desa Sidomulyo Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu, 8 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Warga di lereng Gunung Merbabu tepatnya Dukuh Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, melakukan tradisi mencuci Bendera Merah Putih secara bersama-sama setiap bulan Agustus untuk menjaga nasionalisme masyarakat.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

"Hal ini, sudah menjadi tradisi warga Desa Sidomulyo setiap bulan Agustus digelar mencuci Bendera Merah Putih yang kemudian dipasang di jalan menjelang 17 Agustus dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)," kata Kepala Desa Sidomulyo, Muh Sawali, di Boyolali, Minggu, 8 Agustus 2021.

Menurut Sawali, biasanya tradisi mencuci Bendera Merah Putih secara bersama-sama diikuti oleh seluruh warga masyarakat di desanya. Namun, karena kondisi pandemi COVID-19, hanya mengikutsertakan 30 orang anggota karang taruna desa setempat dan dengan protokol kesehatan ketat.

Siap Investasi di IKN, Pengusaha Malaysia Bakal Bangun Sektor Hunian dan Pendidikan

"Tujuan kami adalah untuk menjaga jiwa nasionalis dari pada warga kami. Karena, tanggal 17 Agustus merupakan salah satu momentum spesial bagi Bangsa Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya pada tahun ini, hanya mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Desa. Kegiatan upacara bendera sebelum terjadi pandemi, biasanya diadakan di dukuh masing-masing.

Selain Belanda, Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Ada Portugis dan Spanyol

Selain itu, pihaknya juga meniadakan kegiatan perlombaan dalam memeriahkan acara HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini.

"Kami untuk saat ini hanya mengadakan upacara bendera saja, dan itupun dengan protokol kesehatan. Dua tahun terakhir kami berhenti, tidak ada kegiatan 17-an," katanya.

Terpisah, Maryani salah satu warga RT 3 RW 3 Desa Sidomulyo mengaku bahwa tradisi mencuci bendera Merah Putih sudah dilakukan rutin setiap tahun menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Cuci bendera ini, kami melakukan setiap satu tahun sekali, rutin. Bendera kemudian dipasang dari tanggal satu sampai 30 Agustus mendatang," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya