Pantai di Pacitan Ini Jadi Inspirasi Lukisan SBY

Lukisan deburan ombak pantai Pacitan karya SBY
Sumber :
  • Instagram PDemorat

VIVA – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono belum lama ini menunjukkan keahliannya dalam seni lukis. Sejumlah lukisan berlatarbelakang alam karya SBY terpampang dalam sebuah foto yang diunggah di media sosial.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Salah satu yang ditunjukkan SBY adalah sebuah lukisan deburan ombak biru yang tenang. Lukisan SBY sempat viral kemarin dengan tagar 'Pak SBY'. Sejumlah politikus Demokrat nampak mengunggah foto SBY bersama lukisan buah tangan suami almarhum Ani Yudhoyono itu.

Lukisan deburan ombak SBY itu terinspirasi dari keindahan Pantai Teleng Ria di Pacitan, Jawa Timur, yang merupakan tempat kelahiran SBY. Pacitan, selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki pantai-pantai yang indah. 

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Pantai Teleng Ria berada di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai yang menjadi salah satu favorit SBY dan keluarga itu dikenal memiliki deburan ombak yang tenang, tidak terlalu besar layaknya pantai di selatan Jawa.

Pantai Teleng Ria

Photo :
  • http://www.somethingholiday.net/
Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Perbukitan yang mengelilingi pantai semakin menyejukkan pemandangan. Di Pantai Teleng Ria terdapat parai yang digunakan sebagai inspirasi lokasi lukisan, dimana SBY sering menghabiskan waktu bersantai kala SBY pulang kampung ke Pacitan.

Warga Pacitan mengaku bangga memiliki putra daerah seperti SBY. Presiden keenam kelahiran Pacitan itu mampu mengangkat daerahnya ke kancah internasional. Namun demikian, warga sekitar pantai tersebut tidak mengetahui kapan SBY melukis Pantai Teleng Ria. 

"Belum pernah lihat, soalnya kan kalau Pak SBY kesini pengamanannya ketat," kata Siti Fatimah, warga Pacitan.

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengatakan lukisan deburan ombak pantai Pacitan SBY ini  merupakan lukisan terbaru yang dibuat SBY, judulnya 'Debur Ombak Di Pantai Pacitan'. Lukisan karya SBY ini dibuat selama menjalani masa PPKM, sekaligus mengisi waktu di hari tuanya. Lukisan ini dibuat di studio pribadinya di Cikeas, Bogor. 

"Saya sudah lihat beberapa lukisan pak SBY yg lahir selama pandemi ini (sebagaimana dapat dilihat dalam slide 3 sampai terakhir), memang banyak “diilhami Pacitan” tempat kelahiran beliau. Yang memang alamnya sangat indah, banyak sekali pantai dan gunung-gunung. Termasuk pak SBY juga sudah melahirkan 2 lukisan tentang “Merapi” yg dulu juga sangat dekat dgn kesehariannya sebagai Danrem Jogya. Termasuk “foto-foto alam” yg dulu diambil/dipotret oleh Alm Ibu @aniyudhoyono juga dilukis ulang oleh pak SBY," tulis Jansen di akun Instagramnya.

Laporan: Agus Wibowo/tvOne Pacitan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya