Targetkan Vaksinasi Rampung Oktober, Sultan HB X Bentuk Satgas Khusus

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono  X menargetkan capaian vaksinasi di wilayahnya 100 persen pada Oktober 2021 mendatang. Untuk mencapai target itu, Sultan pun membentuk satuan tugas (satgas) vaksinasi.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Sultan HB X mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menargetkan Agustus hingga awal September vaksinasi bisa mencapai 50 persen sehingga pada Oktober 2021 mendatang target 100 persen vaksinasi yang dicanangkan pemerintah pusat bisa tercapai.

"Harapannya Oktober ini harus bisa 100 persen diharapkan oleh Pemerintah Pusat. Sehingga kami membuat satgas penanganan vaksinasi di kabupaten/kota dengan harapan bisa mempercepat vaksinasi," ujar Sultan dalam keterangannya, Selasa, 10 Agustus 2021.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Sultan menerangkan Satgas Vaksinasi akan dimotori tenaga kesehatan faskes pemerintah, TNI, dan Polri. Nantinya satgas ini akan melaksanakan vaksinasi berdasarkan data warga di tiap RT maupun RW.

Sultan menjabarkan, nantinya data vaksinasi akan didapat dari Kalurahan. Sementara tempat vaksinasi akan dilakukan di Balai Kalurahan maupun tempat umum lainnya yang representatif.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Sultan menjamin bahwa stok vaksinasi di DIY mencukupi jika rencana ini diterapkan. Sultan menilai dengan mendekatkan tempat vaksinasi ke warga maka lebih efektif dan cepat.

"Harapan saya itu bisa dilakukan untuk percepatan daripada sebagian besar organisasi, asosiasi, dan sebagainya kan sudah (menyelenggarakan vaksinasi), tapi ternyata kurang efektif. Langsung aja lah, sekarang penularannya di keluarga dan tetangga ya langsung aja ke RT/RW," kata Sultan.
 

Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Penyakit arbovirosis atau infeksi yang disebabkan oleh sekelompok virus yang menyebar ke manusia melalui gigitan serangga, terus mengancam secara global. Termasuk DBD.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024