Tak Lolos Barcode Vaksin, Pengunjung Pasti Ditolak Masuk Mal

Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya tunjukkan barcode vaksinasi
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Pusat belanja atau mal di Kota Surabaya, Jawa Timur mulai dibuka pada Selasa, 10 Agustus 2021. Namun sesuai aturan PPKM Level 4 Jawa-Bali yang diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, sejumlah ketentuan harus dipatuhi oleh pengelola mal, pedagang dan pengunjung

Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Jawa Timur (APPBI Jatim) Sutandi Purnomosidi mengatakan, ada 24 mal di Kota Surabaya yang turut serta dalam uji coba pembukaan mal. Nantinya para pengelola mal juga akan menerapkan kapasitas pengunjung mal tak lebih dari 25 persen.

Selain itu, pengunjung juga diharuskan mengunduh aplikasi Pedulilindungi.id untuk mencetak sertifikat vaksin sebagai bukti sudah disuntik vaksin dosis pertama dan kedua.

Hari Lebaran Kedua, Pengunjung Ragunan Tembus 65 Ribu Lebih

"Pengunjung yang belum vaksin, tidak ada kepentingan, tidak perlu dululah ke mal," kata Sutandi kepada wartawan, Selasa, 10 Agustus 201.

Tidak cukup memiliki sertifikat vaksin, pengunjung, lanjut Sutandi juga harus mengisi data diri di aplikasi dan terdeteksi barcode sertifikat vaksin yang disediakan pengelola di pintu masuk. Jika tidak lolos barcode, pengunjung juga dilarang masuk ke dalam mal. 

Peringati Ulang Tahun Gorila Komu, Taman Margasatwa Ragunan Bakal Gelar Atraksi Beri Hadiah

Sutandi meminta masyarakat dan pengunjung agar memahami ketentuan yang berlaku selama masa PPKM Level 4 Jawa-Bali. Ia sendiri memastikan bahwa pengelola mal akan mematuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintah. "Hanya pengunjung yang sudah tervaksin boleh masuk, bisa menunjukkan antigen negatif dan swab PCR negatif," ujarnya.

Berdasarkan data dari APPBI Jatim, ke-24 mal yang di Surabaya yang sudah buka ialah:

1. Maspion Square
2. BG Junction
3. Lagoon Avenue Mall
4. Food Junction
5. Jembatan Merah Plasa/JMP
6. Pusat Grosir Surabaya/PGS
7. PTC
8. Grand city
9. Spazio
10. Tunjungan Plaza
11. Pakuwon city mall
12. Royal Plaza
13. Pakuwon Mall
14. Galaxy Mall
15. Plasa Marina
16. WTC
17. ITC
18. Lenmarc Mall
19. KAZA MALL
20. CIty of Tomorrow
21. Ciputra World
22. Pasar Atom Mall Sby
23. Darmo Trade Center
24. Plaza Surabaya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya