Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam rangka kesiapan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah, Polda Kalteng melaksanakan apel gelar sarana prasarana (Sarpras) penanggulangan Karhutla.

Menteri LHK Siti Nurbaya: Indonesia Sukses Tekan Deforestasi dan Karhutla

Apel kali ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, yang bertempat di Lapangan Ditsamapta Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km. 6,5 Kota Palangka Raya, Selasa, 10 Agustus 2021.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, Irwasda Kombes Pol Iman Prijantoro, dan pejabat utama Polda Kalteng serta dihadiri Kapolres jajaran secara virtual.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

Kapolda menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan sarana prasarana dan operator yang akan diterjunkan dalam penanggulangan bencana karhutla di Provinsi Kalteng.

"Saya berharap kepada seluruh personel yang telah ditunjuk sebagai operator agar terus berlatih mengoperasikan alat yang akan digunakan sehingga menjadi mahir kedepannya," kata Dedi kepada wartawan.

Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir Bandang dan Longsor jadi Ancaman Baru di Sumsel

Lebih lanjut, Dedi berharap dengan adanya pengecekan ini dapat memastikan sarana prasara dan personel yang akan di terjunkan dalam penanganan karhutla menjadi siap dan terlatih, sehingga karhutla dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Perang Lawan Karhutla, Irjen Dedi Kerahkan 20 Motor Pemburu Api

Penyusutan Hutan Alam Akibat Deforestasi

Tekan Deforestasi ke Titik Terendah, Begini Cara KLHK

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan pemantauan hutan dan deforestasi setiap tahun.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024