Persahabatan Bung Karno- Bung Hatta: Sampai Tak Mau Ada Wapres Lagi

Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Megawati Soekarnoputri membeberkan fakta dua proklamator bangsa, Soekarno dan Mohammad Hatta. Terutama sisi persahabatan yang kuat diantara keduanya, walau banyak perbedaan pandangan setelah memimpin Indonesia.

kata Megawati, Bung Karno dan Bung Hatta bahkan menjalin persahabatan yang begitu erat, sampai maut memisahkan. 

Megawati mengakui keduanya kerap banyak berbeda pandangan. Tapi yang namanya persahabatan terus berjalan. Termasuk ketika Bung Karno dan Bung Hatta tidak bersama-sama lagi memimpin negara karena keputusan Bung Hatta yang mundur sebagai Wakil Presiden pada 1956.

Usai Bung Hatta mundur, kepemimpinan negara praktis hanya Bung Karno. Hingga mengakhiri masa jabatannya, Bung Karno bahkan tidak pernah menunjuk wakil presiden untuk menggantikan posisi Bung Hatta.

"Tapi coba pikir, kenapa setelah itu bapak saya tak mau ada wakil presiden lagi? Karena dia tak mau ada wakil lagi. Tetapi cuma Pak Hatta. Itu persahabatan sejati," kata Megawati, dalam acara webinar peringatan HUT Mohammad Hatta ke-119, yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDIP, secara virtual, Kamis 12 Agustus 2021. 

Cerita lain juga disampaikan Megawati. Saat ayahnya, Soekarno, menjadi tahanan oleh rezim Orde Baru. Di masa bersamaan itu, sang kakak, Guntur Soekarnoputra, yang hendak menikah tak punya wali dari keluarga. 

Lantas karena kedekatan keluarga, Ibu Fatmawati yang juga ibunda Megawati meminta Bung Hatta dan istri datang. Bukan hanya datang, tapi menjadi wali nikah dan saksi janji suci Guruh di hadapan Tuhan serta negara.