Raja Mangkat, Siapa Penerus Tahta Mangkunegaran?

Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX meninggal dunia
Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX meninggal dunia
Sumber :

VIVA – Mangkatnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.50 WIB, menyisakan tanda tanya tentang siapa sosok yang penggantinya kelak. 

"Wah itu belum tahu (penerus tahta). Itu kan urusan keluarga. Kita orang luar kan nggak ngerti," kata Plt Pengageng Kabupaten Mandrapura, Supriyanto Waluyo saat ditemui di Pura Mangkunegaran, Jumat, 13 Agustus 2021.

Seperti diketahui, KGPAA Mangkunegara IX memiliki dua anak dari hasil pernikahan dengan salah satu putri mantan Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri. Hanya saja pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian.

Dari Sukmawati, Mangkunegara IX memiliki anak pertama bernama GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara dan yang kedua GRAy Putri Agung Suniwati atau yang akrab disapa Menur. 

Selanjutnya KGPAA Mangkunegara menikah lagi dengan Priska Marina Haryogi yang kini bergelar Kanjeng Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX. Dari hasil pernikahannya yang kedua itu mempunyai dua anak, yakni GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkoenagaro IX atau lebih dikenal dengan Mangkoeneagoro lahir di Surakarta pada tanggal 18 Agustus 1951. 

Dilihat VIVA dari situs resmi Puro Mangkunegaran, ia merupakan putra laki-laki kedua dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkoenagoro VIII dan Raden Ajeng Sunituti atau Gusti Kanjeng Putri Mangkoenagoro VIII.

Halaman Selanjutnya
img_title