Pakaian Adat Badui Digunakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Presiden Jokowi mengenakan pakaian khas adat Baduy di sidang tahunan MPR 2021
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo, tiba di Gedung MRP/DPR/DPD di Senayan Jakarta, Senin 16 Agustus 2021 sekitar pukul 08.00 WIB. Tampak mendampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Kepala Negara disambut langsung Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Seperti pidato-pidato sebelumnya yang kerap kali Presiden Jokowi menggunakan baju adat. Kali ini, terlihat menggunakan pakaian adat suku Badui.

Adat dan tradisi suku Badui yang berada di wilayah Lebak Banten, masih terus dilestarikan oleh warganya hingga kini. Pakaian adat Baduy juga memperlihatkan ciri yakni warna dan desainnya. Yakni menunjukkan kesederhanaan berupa warna alam yakni hitam dan putih.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Menggunakan baju adat dalam acara kenegaraan, memang seringkali juga dilakukan oleh Presiden seperti saat upacara detik-detik HUT RI pada 17 Agustus. Pada tahun ini, juga diperkirakan Kepala Negara akan menggunakan baju adat dari salah satu daerah.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo memastikan persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR dan DPD 2021 sudah selesai secara keseluruhan. Dia menyampaikan Sidang Tahunan MPR RI akan digelar pada Senin besok 16 Agustus 2021 secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Karena kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, pada Minggu, 15 Agustus 2021.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan hadir secara fisik di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat. Selain itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat lembaga juga akan hadir secara fisik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Istana Presiden, Yusuf Permana menegaskan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kunjungan kerja ke Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024