Jokowi: Kemerdekaan Indonesia Bukan Hadiah Tapi Perjuangan

Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR RI pada HUT RI ke 76
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengatakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang sekarang kita rasakan bukanlah hal mudah untuk didapatkan. Para pendiri, proklamator, pejuang dan yang terlibat dalam kemerdekaan meraihnya dengan susah payah. Lewat perang rakyat, perang gerilya bahkan sampai berbagai diplomasi ditempuh demi kemerdekaan RI.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Presiden menegaskan, sejarah bangsa Indonesia telah teruji dengan melalui banyak ujian berat.

"Alhamdulillah kita berhasil melampauinya. Kemerdekaan Republik Indonesia bukan diperoleh dari pemberian atau pun hadiah tetapi kita rebut melalui perjuangan di semua Medan," kata Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang DPD-DPR di Ruang Sidang Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 16 Agustus 2021.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Resesi dan krisis juga kata Jokowi bukan datang kali ini saja. Maka setiap etape yang sudah dilalui, memberikan pembelajaran dan sekaligus juga membawa perbaikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terutama saat ini kata Presiden, pandemi COVID-19 telah memacu semua masyarakat untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

"Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini. Memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian adalah kebiasaan baru yang dahulu dianggap tabu. Bekerja dari rumah, belanja daring, pendidikan jarak jauh, serta rapat dan sidang secara daring, telah menjadi kebiasaan baru yang dulu kita lakukan dengan ragu-ragu," kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengigatkan pula atas kondisi tersebut di tengah era disrupsi yang begitu cepat, dibutuhkan karakter berani untuk berubah. Berani untuk berkreasi merupakan fondasi membangun Indonesia Maju.

"Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. Adanya Pandemi COVID-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya