Jokowi Sebut Terjadi Penguatan Infrastruktur Kesehatan akibat COVID-19

Presiden Jokowi Memakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan DPR MPR
Sumber :
  • Humas MPR

VIVA – Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya dalam Sidang Tahunan MPR bersama Sidang DPD dan DPR tahun 2021. Dalam kesempatan itu, Jokowi menganalogikan situasi pandemi COVID-19 sekarang seperti api. 

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan dunia dalam satu setengah tahun, menurut Jokowi, telah memberikan penguatan bagi sektor kesehatan di Tanah Air.

"Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita, dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa," kata Jokowi, Senin, 16 Agustus 2021

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Jokowi juga mengatakan, kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi. Dengan hal itu membuat indonesia semakin kuat dalam menghadapi pandemi COVID-19

"Hal ini membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan makin mampu menghadapi  ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi. Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi," ujarnya.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Rakyat, katanya, makin menyadari pentingnya protokol kesehatan seperti kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga  jarak. Masyarakat juga mulai membudayakan gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang  bernutrisi.

"Ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi. Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama," ujarnya.

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

JK sudah mulai melunak bicaranya terkait isu Jokowi dan Gibran gabung dengan Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024