Kostum Jokowi Bernama Jamang Hideung Kancing Batok, Segini Harganya

Presiden Jokowi Memakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan DPR MPR
Sumber :
  • Humas MPR

VIVA – Tak perlu mahal untuk terlihat keren. Ungkapan itu yang berlaku bagi pakaian adat suku Baduy yang pada hari ini dikenakan Presiden Jokowi saat menghadiri sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD di gedung Parlemen, Jakarta, Senin pagi, 16 Agustus 2021.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Diperkirakan, pakaian lengkat atau outfit Jokowi hanya sekitar Rp300 ribu. Terlihat dari harga pakaiannya itu bisa didapatkan dengan nominal Rp 200 ribu. Ditambah harga lomar atau ikat kepala dan tas koja atau tas tenun Baduy dari hasil alam. Warga Baduy pun mengaku bangga karena baju adat mereka digunakan oleh orang nomor 1 di Republik Indonesia.

"Baju harganya Rp200 ribu. Bangga itu bagus betul, membuktikan jika RI 1 peduli ke masyarakat Baduy," kata Jaro Saija yang dimintai saran soal pakaian Presiden Jokowi itu pada Senin, 16 Agustus 2021.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Pada Kamis, 12 Agustus 2021 Saija bercerita bahwa salah seorang utusan Jokowi datang ke rumahnya untuk mengambil pakaian untuk sang Presiden. Beberapa hari sebelumnya memang sudah dipesan kepada dirinya.

Saija kemudian meminta perajin yang merupakan warga asli Baduy untuk membuatkan khusus untuk Presiden Jokowi.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Kamis kemarin ajudannya ke sini. Sebelumnya sudah pesan barang itu, baju, iket (kepala), golok dan koja," terangnya.

Pakaian adat Baduy itu bernama Jamang Hideung Kancing Batok yang setiap hari dipakai suku petapa. Pakaian tersebut kata Saija memiliki makna persatuan melalui lomar atau ikat kepala yang dipakai.

"Harapan kami mudah-mudahan semuanya terikat, tenteram, sejahtera, subur makmur gemah ripah loh jinawi, soalnya ikat itu lambang, lambang supaya terikat seluruh bangsa dan negara dalam aturan undang-undang," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya