Polisi Ungkap Cara Syam Organizer Galang Dana Diduga untuk JI

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengungkapkan cara Syam Organizer menggalang dana diduga untuk membiayai kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Sehingga, kantor LSM Syam Organizer digeledah Densus 88 Antiteror Polri di Soreang, Bandung, Jawa Barat.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

“Mereka mengedarkan celengan-celengan kotak amal ke masyarakat, mengedarkan kotak-kotak amal ke masyarakat dan mengadakan tabungan qurban,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Senin, 16 Agustus 2021.

Kemudian, kata Ramadhan, mereka menyelenggarakan tabligh akbar dengan berkoordinasi dengan takmir masjid, mengundang ustaz-ustaz. Lalu, melakukan penggalangan dana baik langsung kepada jemaah yang hadir atau menyebarkan nomor rekening Syam Organizer ke jemaah.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Selanjutnya, aliran dana Syam Organizer ke organisasi terorisme Jamaah Islamiyah di antaranya pada 2013-2017, Syam Organizer memberangkatkan anggotanya ke Suriah, termasuk saudara F yang telah ditangkap.

“Syam Organizer daerah menyetorkan dana ke bendahara pusat Syam Organizer pusat atas nama DS yang juga telah ditangkap,” ujarnya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Kemudian, kata dia, dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk organisasi JI, dimasukkan ke dalam brankas yang telah disita di kantor pusat Yogyakarta. Lalu, sebagian untuk operasional disimpan dalam rekening Syam Organizer.

“Melalui gaji pengurus Syam Organizer yang merupakan anggota JI dengan cara memotong dari gaji anggotanya, dan juga anggota ketua untuk dimasukkan atau disetorkan ke Jamaah Islamiyah,” ujarnya.

Selain itu, Ramadhan menambahkan Kantor Syam Organizer daerah Bandung menyediakan semua logistik kebutuhan penggalangan dana Yayasan Syam Organizer yang nantinya akan dikirim ke daerah-daerah.

“Adapun logistik yang dikirim berupa majalah, katalog, panduan SO, dan lain-lain,” katanya.

Di samping itu, kata Ramadhan, LSM kemanusiaan ini juga sering membawa isu Palestina dan Suriah untuk menarik simpati masyarakat. Tapi ternyata, langkah itu dilakukan mereka untuk mengelabui aparat kepolisian agar tidak curiga sehingga bisa menggalang dana dengan leluasa.

"Bentuk penggalangan dana Syam Organizer (SO) yakni water for some dengan cara dropping air bersih ke Palestina dan memiliki 3 sumur air di Suriah. Save children out some di Suriah dan Palestina, winter aid project memberikan kayu bakar, jaket, membangun rumah-rumah di Suriah, dan sebagainya,” katanya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya