Serunya Nadhia Siswi SD Ikut Upacara HUT RI ke-76 Secara Virtual

Nadhia dan Ibunya Naharina Ikut Upacara HUT RI ke-76 Secara Virtual
Sumber :

VIVA – Qairinadhia Wahyudi, atau yang biasa disapa Nadhia, adalah salah satu yang ikut upacara detik-detik kemerdekaan HUT RI ke-76 di Istana Merdeka Jakarta, secara virtual.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Siswi kelas 1 di salah satu Sekolah Dasar di bilangan Jakarta Selatan ini, ikut secara virtual bersama sang ibu, Naharina Ashofi Erma, Selasa pagi tadi 17 Agustus 2021.

Awalnya Naharina yang ingin sekali ikut upacara virtual di Istana Merdeka. Ia pun mencari informasi, bagaimana caranya agar bisa ikut. Hingga akhirnya mendaftar, dan mendapatkan kuota.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Baca juga: Profil Ardelia Muthia Sang Paskibraka Pembawa Bendera Pusaka

Nae, biasa Naharina disapa, sebenarnya sudah mengurungkan niatnya untuk ikut upacara virtual dari Istana Merdeka tersebut. Karena anak keduanya yang masih bayi, sedang kurang sehat. Melihat ibunya itu, Nadhia justru yang bersemangat dan mempersiapkan segalanya.

Upacara POUN di Kelenteng Hiap Thian Kiong Karawang, Mohon Doa Keselamatan dan Lindungi Nasib

"Dia (Nadhia) sudah siap-siap mandi jam 6 pagi. Terus heboh mau ikut bunda upacara di zoom. Padahal upacara baru dimulai jam 10.00 WIB dan join zoom dari jam 08.00 WIB pagi," kata Nae, kepada VIVA, Selasa 17 Agustus 2021.

Tidak hanya bersemangat untuk bisa ikut upacara yang pertama kalinya diikuti. Nadhia juga tidak ingin merepotkan ibunya itu. "Dia udah nyiapin seragam sekolah, padahal aku nya masih ngantuk," kata Nae.

Tidak cukup di situ. Nadhia juga melihat ibunya yang kurang bersemangat, justru membuatkan sarapan biar sang ibu tidak terlambat ikut upacara daring itu.

"Dia bantuin nyiapin makan pagi loh, bikin teh, biar aku nggak telat join zoom," lanjut Nae.

Di tempatnya tinggal, tidak digelar perlombaan 17 Agustus mengingat pandemi. Sehingga Nadhia bisa konsentrasi ikut zoom. Tapi justru itu yang membuat Nadhia tidak sabar. Sementara jam masih pagi, dan masih ada waktu sekitar sejam lebih virtual dimulai.

Dengan menggunakan seragam SD dan dasinya, Nadhia asik mengikuti jalannya upacara. Dia tak sekedar diam, bahkan kerap kali bertanya ke ibunya, Nae.

"Yang lucu komentar dia kenapa detik-detik proklamasi harus banget nyalain bom. Aku bilang, itu suara meriam kosong jadi nggak bahaya," kata Nae tertawa.

Yang dimaksud adalah sirine dan dentuman meriam sebagai tanda masuknya upacara detik-detik kemerdekaan RI. Tembakan meriam sebanyak 17 kali, sirine selama satu menit.

Nae juga menceritakan, bagaimana senangnya Nadhia saat melihat tampilan zoom dan mereka persis di sebelah Presiden Joko Widodo.

"Kata dia (Nadhia), wah kita sebelahan sama Presiden Joko Widodo," ujar Nae menirukan Nadhia.

Yang dimaksud adalah layar mereka berdampingan dengan layar utama yang menampilkan Presiden Jokowi di panggung upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Aku iyakan saja biar dia nggak kecewa,".

Sejak pandemi COVID-19 melanda 2020 lalu, memang pihak Istana Kepresidenan tidak lagi bisa mengundang langsung masyarakat untuk hadir di Istana Merdeka. Maka disiapkan secara virtual. Untuk upaara HUT RI ke-76 tahun 2021 ini, ada lebih kurang 45 ribu peserta upacara secara virtual pagi dan sore saat upacara penurunan bendera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya