Filosofi dan Makna Logo HUT RI Ke-76

Logo HUT RI Ke-76
Sumber :
  • setneg.go.id

VIVA – Tema yang diusung untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang dirayakan Selasa kemarin 17 Agustus 2021 di seluruh penjuru Indonesia.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Filosofi dan Makna Logo HUT RI Ke-76 Dengan Tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Makna Tema Kemerdekan Tahun Ini

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Pesan dan makna yang terkandung dalam tema kemerdekaan tahun ini, adalah Indonesia Tangguh dalam menghadapi berbagai krisis yang dialami selama ini. Dengan ketangguhan di masa pandemi ini diharapkan Indonesia akan terus tumbuh.

Presiden Joko Widodo menjelaskan makna dari tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yaitu ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang merupakan harapan bangsa di tengah berbagai ujian seperti krisis akibat pandemi Covid-19. 

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

Makna yang terkandung pada tema tersebut menjelaskan tentang nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh rintangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. 

Presiden Jokowi berharap segala upaya menuju Indonesia yang tangguh dan terus bertumbuh mendapatkan restu Tuhan Yang Maha Esa. “Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” ungkap Jokowi dalam unggahan tersebut.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) www.setneg.go.id, terdapat sejumlah makna pada tema, logo, dan makna peringatan HUT ke-76 RI di tengah pandemi Covid-19 yang masih dirasakan Indonesia.

Filosofi logo HUT RI Ke-76

Logo

Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini, yaitu 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.' Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan
yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang diangkat pada 2021 ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Makna Logo HUT RI Ke-76

Terdapat empat makna dalam logo yang diusung HUT ke-76 RI pada tahun 2021 ini. 

Stabilitas Pembangunan

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadilandasan berbangsa dan bernegara.

Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang & roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Ruang Kebersamaan

Bentuk ini diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Persatuan dan Harapan

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya