Padang Diterjang Banjir, 300 Warga Dievakuasi

Banjir di Kota Padang.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Sebanyak 22 Kecamatan di Kota Padang, Sumatera Barat hingga kini masih terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Rabu sore kemarin. Puncak luapan air yang menggenangi ratusan rumah warga, terjadi malam tadi. Sebanyak kurang lebih 300 warga dievakuasi petugas gabungan menuju titik yang lebih aman.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

“Proses evakuasi dilakukan dari pukul 20.00 WIB hingga 00.00 WIB dinihari tadi. Setidaknya, 300 warga dievakuasi. Evakuasi dilakukan terhadap warga yang rumahnya tergenang air cukup tinggi kisaran 1 sampai 1,5 meter ya,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Sutan Hendra, Kamis 19 Agustus 2021.

Baca juga: Hutama Karya Klarifikasi soal Ricky Harun Komisaris HK Metals Utama

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Dijelaskan Hendra, proses evakuasi difokuskan di beberapa titik yakni di Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Kuranji. Di antaranya seperti kawasan Anak Air, Simpang Kalumpang, Parak Jambu, Palarik, Perumahan Berlindo, dan lainnya.

Evakuasi warga yang terjebak dilangsungkan menggunakan perahu karet di mana yang terbanyak adalah kelompok rentan seperti anak-anak, perempuan, dan lanjut usia.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

"Warga yang dievakuasi kita ungsikan ke Masjid maupun Mushalla terdekat yang tidak tergenang air," ujar Hendra.

Hingga kini, belum ada data resmi yang dirilis otoritas terkait tentang berapa total rumah dan warga yang terdampak akibat banjir ini. Warga yang terdampak, hingga siang ini masih melakukan proses pembersihan sisa material yang terbawa arus banjir.

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024