Pengacara: Ryan Jombang Diduga Dianiaya Habib Bahar, Bukan Berkelahi

Wajah Very Idham Henyansyah alias Ryan jagal Jombang babak belur dianiaya
Sumber :
  • Ist

VIVA – Pengacara Very Idham Henyansyah alias Ryan jagal Jombang, Benny Daga membantah pernyataan Kepala Lapas Gunung Sindur, Mujiarto yang menyebut kliennya berkelahi dengan narapidana Habib Bahar bin Smith. Menurut dia, kliennya diduga dianiaya oleh Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat.

Muhadjir soal Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior: Itu Tanggung Jawab Institusi

“Kasus di Lapas Gunung Sindur itu bukan peristiwa perkelahian seperti yang disampaikan oleh Kalapas atau Humas Dirjen PAS, bukan. Tapi itu peristiwa diduga penganiayaan oleh Habib Bahar kepada klien kami Ryan Jombang,” kata Benny di Gedung Bareskrim pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Ia menjelaskan kenapa terjadi peristiwa dugaan penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar kepada kliennya, Ryan Jombang. Awalnya, Ryan dipinjam uangnya beberapa kali oleh Habib Bahar secara bertahap dengan jumlah sekitar Rp10 juta.

Menhub Budi Karya Prihatin Adanya Kasus Penganiayaan Taruna STIP Hingga Meninggal Dunia

“Ketika hendak diminta kembali uangnya, tidak pernah dibalikkan. Yang ada klien kami dianiaya,” jelas dia.

Peristiwa itu terjadi pada Senin, 16 Agustus 2021 sekira jam 12.00 WIB. Saat itu, Ryan hendak berangkat salat ke masjid. Lalu, Ryan dipanggil petugas Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur. Begitu datang, Ryan kaget ruupanya sudah ada massa dengan jumlah yang banyak.

Suami di Minahasa Selatan Bunuh Istri yang Mengigau Pria Lain Saat Tidur

“Massa itu dari luar, bukan massa dari lapas. Nah ini yang perlu kami luruskan lagi. Karena begitu peristiwa terjadi, saya orang pertama yang datang kesana jam 7 malam. Saya dapat berita valid. Ketika saya datang kesana, Ryan dalam kondisi tertidur,” ujarnya.

Akibatnya, kata Benny, kliennya mengalami babak belum bagian muka dan ada bekas luka sayatan di tangan. Sehingga, Ryan dilarikan ke Klinik Lapas Gunung Sindur. “Dia dirawat di Klinik Lapas sampai saat ini,” katanya.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith diduga melakukan penganiayaan terhadap terpidana Very Idham Henyansyah alias Ryan ‘jagal Jombang’ di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Dari foto yang diperoleh VIVA, terlihat Ryan mengalami luka lebam dan harus mendapat perawatan.

Dugaan penganiayaan ini dibenarkan pengacara Ryan, kasman Sangaji. “Iya benar,” kata Kasman kepada VIVA pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Kasman memaparkan, dugaan penganiayaan bermula dari masalah utang piutang. Kabarnya, Habib Bahar pernah meminjam uang sebesar Rp10 juta kepada Ryan. Namun, Habib Bahar selalu janji untuk melunasi setiap kali ditagih.

Belakangan, Pengacara Habib Bahar Ichwan Tuan Kotta membantah klaim pengacara Ryan, Kasman Sangaji yang menyebut pemicu pemukulan karena kliennya meminjam uang dari Ryan dan tidak mau membayar. Kata dia, justru sebaliknya Ryan yang membuat masalah dengan Habib Bahar.

Ichwan mengatakan, menurut informasi yang diterima dari petugas lapas bahwa kejadian sebenarnya bukan Habib Bahar yang meminjam uang. Atas dasar itu, dia membantah pernyataan dari pengacara Ryan, Kasman Sangaji.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya