Polisi Sebut Yahukimo Kondusif Pasca Pembakaran Rumah Warga

Polisi Bertemu Para Pengusaha Usai di Yahukimo Papua
Sumber :
  • VIVA/ Aman Hasibuan

VIVA – Polres Yahukimo melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha yang ada di Kabupaten Yahukimo, Papua, pasca aksi pembakaran tiga unit rumah warga. Pelakunya diduga dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada 16 Agustus 2021 lalu.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Pertemuan tersebut dipimpin langsung Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, didampingi Wakapolres Kompol Alfons Umbora, dan dihadiri oleh para pelaku ekonomi yang ada di Distrik Dekai. 

Kapolres menyampaikan bahwa saat ini situasi di Kabupaten Yahukimo masih kondusif. Meskipun beberapa hari lalu ada gangguan keamanan.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Kami himbau kepada para pelaku usaha untuk tetap membuka usahanya seperti biasa namun tetap dibatasi hingga pukul 20.00 WIT sesuai dengan surat edaran Bupati Kabupaten Yahukimo tentang penanganan COVID-19," kata AKBP Deni Herdiana, Jumat, 20 Agustus 2021. 

Lanjut dia, menyikapi dinamika kamtibmas dan berbagai kejadian yang terjadi di Dekai, Polres Yahukimo terus melakukan berbagai kegiatan untuk menciptakan kamtibmas. Salah satunya adalah dengan mengintensifkan kegiatan patroli dari pagi hingga malam hari. 

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

"Kami akan terus melakukan upaya untuk menciptakan Kamtibmas melalui kegiatan preventif kepolisian," ujarnya. 

Oleh karena itu, Polres Yahukimo meminta kepada masyarakat agar jangan takut beraktifitas dan membuka tempat kegiatan usahanya. 

"Polisi minta masyarakat untuk bekerjasama dalam menjaga kamtibmas dengan mengaktifkan siskamling. Karena keamanan adalah tanggung jawab kita bersama dan kami tidak bisa bekerja sendiri, sehingga diperlukan bantuan atau peran dari masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Dikatakan AKBP Deni Herdiana, salah satu kerjasama yang dibentuk bersama masyarakat yakni kegiatan siskamling. Sehingga apabila terjadi sesuatu, dapat secara langsung terpantau bahkan dicegah dan dapat langsung melaporkan ke Polres Yahukimo. 

Ia menghimbau para pelaku usaha, tidak merasa panik atau takut terkait keamanan dan tetap melakukan kegiatan perekonomian. 

"Sekali lagi kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan jangan merasa takut, kami Polres Yahukimo siap untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif di Kabupaten Yahukimo," ucap Kapolres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya