Soal Taliban Janji Berubah, Ini Kata Pengungsi Afghanistan di Bogor

Anak pengungsi Afghanistan sedang belajar di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Anak pengungsi Afghanistan sedang belajar di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Taliban melalui juru bicarannya Zabihullah Mujahid mengumumkan kelompoknya telah berubah tak seperti pada pertama kali berkuasa. Mereka mengklaim akan menghormati hak-hak perempuan termasuk untuk bekerja menurut syariat Islam. 

“Taliban tidak akan pernah berubah. Saya tidak percaya dengan mereka. Mereka berbahaya,” kata Zia Gul Noori salah satu perwakilan pengungsi yang menyikapi pernyataan Taliban yang tinggal di Cisarua Refugee Learning Centre, di Kampung Ciburial, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. 

Di mata pengungsi, kata Zia, Taliban adalah kelompok yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Emirat (Kerajaan) Islam Afghanistan. Kelompok ini merupakan pergerakan politik religius Islamis Deobandi atau Sunni. 

Baca Juga: Kisah Ratusan Pengungsi Afghanistan di RI dan Berakhir Bunuh Diri

Zia juga mengatakan, Taliban merupakan organisasi militer di Afghanistan, yang dianggap oleh banyak pemerintah dan organisasi dunia sebagai teroris.

“Ketika mereka (Taliban) tiba ke Afghanistan, mereka menjarah aset-aset nasional Afganistan. Taliban menguasai hampir semua kota-kota besar di sekitar ibu kota Afghanistan, Kabul,” cetus Zia.

Menurut wanita yang akrab dipanggil Zia itu, berkuasnya Taliban membuat pupus harapan para pengungsi asal Afghanistan untuk tidak kembali pulang ke kampung halaman.