Profil Muhammad Kece, YouTuber yang Dianggap Nistakan Islam

Muhammad Kece.
Sumber :
  • YouTube/Muhammad Kece

VIVA – YouTuber Muhammad Kece belakangan ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, dalam video ceramah yang diunggah di kanal YouTube miliknya, ia kerap melontarkan kata-kata yang dinilai menistakan agama Islam dan melecehkan Nabi Muhammad.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Akibat ujaran kebencian yang mengandung SARA itu, Muhammad Kece terancam dilaporkan ke polisi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini.

“Bahkan saya sudah berkomunikasi dengan teman-teman di LPBH NU mereka juga akan menyampaikan laporan kepada kepolisian atas dugaan hate speech atau ujaran kebencian dari saudara Kece ini,”  ujar Helmy di Kabar Petang tvOne, Minggu, 22 Agustus 2021.

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Di antara ucapan Muhammad Kece yang menjadi polemik adalah penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW, di mana ia mengatakan bahwa Rasulullah merupakan pengikut jin dan ajarannya hanyalah mitos.

Profil singkat Muhammad Kece

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Berdasarkan informasi yang didapat VIVA dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa YouTuber Muhammad Kece berasal dari Jawa Barat dan disebut-sebut menganut dua agama sekaligus, yakni Islam dan Kristen. 

Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa ia sudah tidak lagi menganut agama Islam dan kini menganut Kristen. Disebutkan, ia murtad pada tahun 2014 silam dan sudah dibaptis.  Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait hal ini.

Dilihat dari akun YouTube miliknya, ia mulai aktif membuat konten di YouTube sejak 17 Juli 2020 silam. Di sana, ia kerap membagikan konten-konten seputar agama Islam. Sayangnya, konten tersebut justru lebih ke arah penistaan agama Islam.

Bahkan, per Senin, 23 Agustus 2021, jumlah video yang diunggah ke kanal YouTube miliknya sudah mencapai 451 video. Video-videonya pun sudah ditonton oleh ribuan orang.

Dalam beberapa deskripsi videonya, ia juga kerap mencantumkan nomor rekening bank. Tidak diketahui apakah ia pemilik rekening tersebut atau bukan, tetapi Muhammad Kece menuliskan bahwa rekening tersebut diperuntukkan guna membantu pelayanan Muhammad Kece.

“Bagi yang tergerak membantu Pelayanan Muhammad Kece melalui rekening BCA No 5221499621 dan 2030304244 H MUHAMAD KOSMAN,” tulisnya di salah satu video yang diunggah pada 10 Agustus 2021 lalu.

Menurut sumber lainnya, pria yang saat ini tengah menuai kontroversi dan menyebabkan polemik itu memiliki nama lengkap Muhammad Kace Murtadin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya