Aceh Mulai Vaksinasi Moderna untuk Masyarakat Umum

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Warga Aceh mulai mendapat suntikan vaksin COVID-19 jenis Moderna. Mereka yang diberikan itu ialah warga yang sama sekali belum menerima vaksin jenis Sinovac dosis 1 atau 2.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr. Iman Murahman mengatakan, 500 orang yang mendapat dosis vaksin Moderna tersebut tersebar di daerah Kota Banda Aceh, Lhokseumawe dan Langsa.

“Sudah mulai kita berikan (vaksin Moderna untuk masyarakat), masih warga Banda Aceh, Lhokseumawe dan Langsa,” ujar Iman saat dikonfirmasi, Senin, 23 Agustus 2021. 

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Kata dia, masyarakat yang mendapat dosis vaksin Moderna itu ialah warga yang memang secara klinis tidak dapat menggunakan vaksin AstraZeneca maupun Sinovac berdasarkan surat keterangan dokter sehingga mereka dikhususkan untuk menerima vaksin yang berasal dari perusahaan Amerika Serikat tersebut.

“Jadi itu dipergunakan untuk masyarakat yang sama sekali belum mendapat vaksin jenis Sinovac dosis 1 atau 2. Untuk jumlahnya sekitar 500-an yang sudah disuntik,” katanya.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Sementara stok vaksin Moderna di Aceh saat ini mencapai 128 ribu dosis. Vaksin itu akan diberikan untuk masyarakat umum sebanyak 64 ribu dan tenaga kesehatan 46 ribu.

Adapun untuk tenaga kesehatan di Aceh yang sudah di-booster vaksin Moderna baru sekitar 10 persen, atau 4.774 orang. Sejauh ini tidak ada kendala atau efek samping bagi nakes maupun masyarakat umum yang sudah mendapat suntikan vaksin Moderna. “Vaksinasi dosis ketiga masih tetap berjalan, baik untuk nakes maupun masyarakat umum,” ujarnya.
 

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024