Puan Dorong Kerja Sama Teknologi Digital di ASEAN

Ketua DPR, Puan Maharani.
Sumber :
  • Dokumentasi DPR.

VIVA - Ketua DPR Puan Maharani berbicara mengenai pentingnya kerja sama teknologi digital antar-negara ASEAN. Hal tersebut diperlukan di tengah tantangan global menghadapi pandemi COVID-19.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

“Saat ini, pandemi COVID-19 telah mempercepat penggunaan teknologi digital yang selanjutnya telah mendisrupsi kegiatan di berbagai bidang,” kata Puan dalam Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-42 yang digelar secara virtual, dikutip pada Selasa, 24 Agustus 2021.

Menurut Puan, sebagian kelompok masyarakat beradaptasi lebih cepat di era pandemi yang menuntut banyak perubahan ini. Namun sebagian kelompok lainnya harus berupaya lebih keras untuk beradaptasi, bahkan memerlukan bantuan negara.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

“Dalam kaitan ini, negara-negara anggota ASEAN perlu terus meningkatkan kerjasama dan bertukar informasi guna mengambil manfaat lebih besar dari teknologi digital,” katanya.

Baca juga: Menkominfo Mau Pemda Dukung Teknologi Percepatan Transformasi Digital

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Ada beberapa bentuk kerja sama di bidang teknologi digital yang dinilai Puan dapat dilakukan oleh negara-negara ASEAN. Kerja sama pertama bisa meliputi peningkatan ketersediaan akses internet yang terjangkau bagi masyarakat.

“Hal ini juga terkait upaya memperbesar akses internet di daerah terpencil dan pedesaaan, sehingga mengurangi ketimpangan digital (digital divide),” kata Puan.

Sidang Umum AIPA ke-42 diselenggarakan pada 23-25 Agustus 2021 oleh Brunei Darussalam sebagai tuan rumah. Forum bertajuk ‘Forging Parliamentary Cooperation in Digital Inclusion towards ASEAN Community 2025’ itu akan membahas dan mengesahkan draf-draf resolusi di bidang politik, ekonomi, sosial, serta isu-isu tentang perempuan di Kawasan regional.

AIPA sendiri merupakan organisasi parlemen regional yang menghimpun parlemen negara-negara ASEAN. Saat ini AIPA beranggotakan 10 parlemen yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya