Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, dan Wakil Gubernur Muhiddin.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Presiden Joko Widodo, melantik secara resmi pasangan Sahbirin Noor dan Muhiddin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan untuk masa periode 2021-2024. Kedua pasangan itu dilantik di Istana Negara, Rabu 25 Agustus 2021.

Sebelum pelantikan, keduanya dilakukan kirab dari Istana Merdeka, berjalan menuju Istana Negara yang berada di belakang, untuk pengambilan sumpah jabatan.

Ikut dalam prosesi kirab yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dimulainya prosesi pelantikan, diawali pembacaan Keputusan Presiden.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Blak-blakan Tak Minat Maju Pilkada 2024

Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah berdasarkan Nomor 105P/2021 Tentang Pemberhentian Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan, dan Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, Jokowi meminta keduanya mengucapkan sumpah jabatan Gubernur – Wakil Gubernur.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Shabirin dan Muhidin membacakan sumpah mengikuti yang diucapkan oleh Presiden Jokowi.

Seperti pelantikan pejabat negara dan kepala daerah di masa pandemi COVID, undangan yang hadir sangat terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain wajib menggunakan masker, setiap tamu yang hadir menjaga jarak satu dengan lainnya.

Sekadar diketahui Shabirin atau dikenal Paman Birin, merupakan Gubernur petahana. Dia melawan, eks Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, yang berpasangan dengan Difriadi Drajat. Shabirin juga merupakan Ketua Golkar di Kalimantan Selatan.

Shabirin didukung oleh partainya PDI Perjuangan, PAN, PKB, PKS, dan Nasdem. Sementara lawannya Denny Gerindra mendapat dukungan dari PPP, Demokrat, dan Hanura. Pertarungan keduanya sempat dilakukan pemungutan suara ulang di beberapa TPS.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, masuk ke dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024