Senasib, Dua Artis Wakil Bupati Ini Cuma Ban Serep

Sahrul Gunawan dan Hengky Kurniawan, dua artis yang jadi wakil bupati
Sumber :
  • Ist

VIVA – Pengakuan mengejutkan datang dari Hengky Kurniawan. Artis yang kini menjabat Plt Bupati Bandung Barat mengaku tak pernah dilibatkan dalam perencanaan maupun pembahasan anggaran di Kabupaten Bandung Barat. Sebagai wakil bupati, Hengky lebih sering mewakili sang bupati dalam acara kedinasan yang tak bisa dihadiri bupati.

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

Hengky Kurniawan menjabat Wakil Bupati Barat periode 2018-2021, mendampingi Bupati Aa Umbara, politikus Nasdem yang juga pernah menjadi kader PDI Perjuangan. Aa Umbara kini menjadi pesakitan karena terjerat kasus korupsi pengadaan bansos COVID-19. Otomatis, Hengky Kurniawan menjabat plt. Bupati Bandung Barat untuk periode 2021-2023. 

Dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Bandung, Kota Bandung, Hengky mengaku tidak pernah dilibatkan apa pun soal penanganan COVID-19 oleh Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara, yang kini menjadi terdakwa korupsi pengadaan bansos COVID-19.

Top Trending: 5 Jenderal Bintang 3 Tangani Kasus Bom Sarinah dan Bom Bali II hingga Bu Kades Glamor

Bahkan, dia mengaku tidak menjabat apapun dalam struktur Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dimana ketua satgasnya adalah Bupati Aa Umbara. Karenanya, dia tidak tahu-menahu soal proses pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat yang belakangan terindikasi korupsi.

"Tidak pernah diajak rapat soal COVID-19, saya tahunya ada rapat dari dokumentasi humas atau Instagram, tidak ada akses buat ikut rapat," kata Hengky saat bersaksi untuk Aa Umbara di pengadilan, Rabu, 25 Agustus 2021.

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak di Rumah Dinas Wakil Bupati Langkat

"Saya juga tidak tahu soal bansos, siapa yang menang tender," sambungnya.

Wakil Bupati Hengky Kurniawan berpose bersama Bupati Bandung Barat Aa Umbara

Photo :
  • Instagram Hengky Kurniawan

Pria yang sudah membintangi puluhan sinetron dan FTV ini juga mengklaim tak pernah dilibatkan lebih jauh soal kebijakan dalam pemerintahan selama 2,5 tahun menjabat Wakil Bupati Bandung Barat.

"Jadi soal pembahasan APBD Tahun 2019, 2020, dan 2021, itu saya tidak pernah dilibatkan, saya tidak punya program dalam APBD, soal kebijakan juga tidak pernah," ujarnya.

Selama ini, Hengky mengaku hanya bertugas mewakili Aa Umbara selaku bupati, apabila berhalangan hadir dalam acara-acara kedinasan.

"Kalau sidang paripurna misalnya Pak Aa berhalangan, saya yang hadir, dan kegiatan lainnya. Kalau saya memang menunggu tugas dari beliau saja, tapi kalau pembahasan program soal APBD, saya memang tidak dilibatkan," ungkapnya.

Saling Sindir di Medsos

Setali tiga uang. Rekan Hengky Kurniawan sesama artis, Sahrul Gunawan yang menjabat Wakil Bupati Bandung juga mengalami nasib yang sama. Belakangan, hubungan Sahrul Gunawan dengan Bupati Bandung M. Dadang Supriatna retak. Bahkan, keduanya saling sindir di media sosial. 

Keretakan hubungan itu jadi sorotan ketika Sahrul Gunawan tak hadir dalam rapat evaluasi 99 hari kerja di Gedung Moh. Toha di komplek Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kamis 29 Juli 2021.

Bahkan, Sahrul Gunawan memposting dalam akun Instagram pribadinya seakan-akan ada kebohongan dalam tugasnya sebagai Wakil Bupati.

"Politik Permukaan seolah-olah memberi peran pada seseorang padahal tidak sama sekali," tulis Sahrul.

Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan

Photo :
  • Instagram @sahrulgunawanofficial

Sahrul yang sebelumnya aktif dalam kegiatan pemerintahan. Namun, belum menjelang 100 hari masa kerja, aktivitas Sahrul Gunawan semakin redup. Pria 45 tahun ini pun akhirnya angkat suara soal isu retaknya hubungan dengan sang bupati.

"Salah jika saya ini hanya sebagai vote gater di Pilkada Kabupaten Bandung, karena dengan menjadi wakil bupati ini saya sudah melepas dunia artis dan bisnis," kata Sahrul di Kantor BKPSDM Kabupaten Bandung, Jumat, 30 Juli 2021.

Sahrul meminta maaf kepada masyarakat karena munculnya isu keretakan hubungannya dengan Bupati Bandung Dadang Supriatna. Menurutnya, pasangan kepala daerah semestinya saling melengkapi dan kompak dalam melayani masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. 

"Namun, saya tidak pernah dilibatkan dalam banyak hal, terutama dalam penanganan COVID-19. Saya juga tidak dilibatkan dalam Musrenbang, semua serba tertutup," ujarnya. Meski demikian, Sahrul berjanji akan bertugas melayani masyarakat sesuai dengan kemampuannya, meskipun cuma ban serep.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna menolak berkomentar saat dikonfirmasi wartawan soal isu retaknya hubungan dengan Wakil Bupati Sahrul Gunawan.

"Ah moal (engga akan) berkomentar saya soal itu. Coba aja ke pakar tanyain (soal sikap Sahrul)," kata Dadang.

Namun demikian, Dadang di akun media sosialnya @kang.dadangsupriatna  sempat menyindir postingan wakilnya itu. 

"Jangan saling menyalahkan, lebih baik introspeksi diri dan bekerja dengan ikhlas dan tulus insyalloh berkah, selamat dunia akhirat, amin ya robbal'alamim," cetusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya