Gempa Merusak Puluhan Rumah di Tojo Una-Una

(Ilustrasi) Petugas BMKG di pusat pemantauan gempa bumi.
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA – Puluhan rumah warga di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,8, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tojo Una-Una Iksan Badawi dihubungi dari Palu, Kamis petang, 26 Agustus 2021.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Data sementara yang dilaporkan BPBD setempat, gempa merusak rumah penduduk di 7 kelurahan dan 3 desa pada 3 kecamatan terdampak di kabupaten itu yang terdiri dari 25 unit rumah rusak ringan, 1 unit rusak sedang, dan 2 unit rusak berat.

Akibat gempa itu juga dilaporkan satu meninggal dunia dan satu orang lainnya mengalami luka ringan, ujar Iksan.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Gempa magnitudo 5,8 terjadi sekitar pukul 09.14 WIB, berpusat di 44 kilometer barat laut Kabupaten Tojo Una-Una, pada kedalaman 10 kilometer, dan berdasarkan pemodeman, gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

Selain rumah penduduk, dampak gempa juga merusak sejumlah fasilitas umum, di antaranya pagar tembok lapangan roboh akibat guncangan, begitupun pagar tembok dan sejumlah bangunan di Rumah Sakit (RS) Ampana termasuk masjid depan RS itu dan pasar modern di sana.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Ia memaparkan situasi di Kota Ampana dan sekitarnya pascagempa kondusif, meski begitu banyak warga memilih mengungsi sebab masih merasa trauma dengan kejadian gempa 26 Juli 2021 dengan magnitudo 6,3.

"Warga masih trauma dengan gempa beberapa waktu lalu, dikhawatirkan terjadi gempa susulan, sehingga warga memitigasi secara mandiri dengan bertahan di pengungsian," ujar Iksan.

Pascagempa itu, warga telah mengungsi di tiga titik pengungsian, di antaranya rumah jabatan bupati, lalu di Desa Labuan dan Desa Padang Tumbuo dengan jumlah pengungsi diperkirakan sekitar 200 jiwa.

Ia mengemukakan di posko pengungsian pemerintah setempat melalui Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum untuk melayani logistik pengungsi di tiga titik tersebut.

"Kami mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak mempercayai informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Informasi resmi tentang kebencanaan bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk perkembangan selanjutnya," ujar Iksan.

Meski di situasi darurat, BPBD meminta warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik warga yang berada di rumah maupun di tempat-tempat pengungsian.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di posko-posko pengungsian pada Jumat (27/8)," kata dia menambahkan.

Dari analisis BMKG, skala Modified Mercalli Intensity (MMI), kekuatan gempa wilayah Ampana berada pada IV – V MMI, Poso IV MMI, Morowali III MMI, Luwu Timur dan Parigi Moutong II – III MMI, Palu, Toli-Toli dan Buol II MMI. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya