Jadi Sorotan, Bupati Humbahas Coret Anggaran Beli Mobil Dinas

Bupati Humbang Hasudutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Bupati Humbang Hasudutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor angkat bicara atas rencana pembelian mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati Humbahas, yang menjadi sorotan publik saat ini. 

Soimah Jawab Kabar Soal Maju Jadi Bakal Calon Bupati Bantul

Dosmar mengungkapkan dirinya sudah menginstruksikan Sekda Humbahas untuk mencoret anggaran pembelian mobil dinas kepala daerah dan mengalihkan anggaran tersebut untuk penanganan COVID-19.

“Saya sudah perintahkan Sekda untuk membatalkan pembelian tersebut dan mengalihkan untuk kegiatan lain terutama untuk menangani Pandemi," ucap Dosmar kepada wartawan di Kota Medan, Jumat 27 Agustus 2021.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

Baca juga: Keuangan Bumi Resources Membaik di Semester I-2021

Dosmar mengaku tidak tahu terkait dengan penganggaran untuk pembelian mobil dinas itu. Karena, saat pembahasan anggaran itu, ia sedang cuti untuk menghadapi Pilkada Humbahas 2020, lalu.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

“Jadi biar tidak menjadi polemik, penganggaran mobil dinas tersebut. Dilakukan saat saya sedang cuti Pilkada," kata Dosmar.

Dosmar juga mengungkapkan saat ini, mobil dinas dia gunakan masih layak untuk menunjang kinerja menjalani tugas sebagai Bupati. Untuk itu, ia tidak ada niat untuk menggantinya.

“Kita biasa kok, meski mobil sekarang. Jika dibandingkan dengan kabupaten lain masih di bawahnya. Tapi bagi saya sudah cukup. Kita juga orang biasa, jadi gak penting kali ganti mobil disaat rakyat sedang susah," tutur Dosmar.

Dosmar tidak menampik, ada pihak dengan sengaja mencuatkan rencana pembelian mobil dinas itu ke publik. Meski, sebelum menjadi sorotan publik, ia mengatakan sudah terlebih dahulu mencoret anggaran tersebut.

“Saya tidak akan bicara yang tidak penting. Kalau pun ada biar jadi urusan mereka, karena urusan kita fokus bekerja dan mengeluarkan masyarakat dari pandemi dan kemiskinan," jelas Dosmar.

Bupati dan Wakil Bupati Humbahas Sumatera Utara, Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan, tengah menjadi sorotan publik. Karena, mereka akan membeli mobil dinas senilai Rp2,6 miliar saat pandemi COVID-19 ini.

Berdasarkan data dari situs LPSE, terlihat Pemerintah Kabupaten Humbahas tengah menganggarkan dua unit mobil dinas untuk menunjang kinerja Bupati dan Wakil Bupati Humbahas.

Untuk mobil dinas Bupati Humbahas tercantum LPSE, tertanggal 2 Juli 2021. Tender mobil dengan nilai HPS paket Rp1.925.000.000 menggunakan APBD Humbahas tahun 2021.

Lalu untuk mobil tender Wakil Bupati pembuatannya, tercatat pada 7 Juli 2021. Nilai HPS paketnya berjumlah 750.000.000.Dananya juga berasal dari APBD 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya