Desember, Irjen Nico Targetkan 70 Persen Warga Jatim Sudah Divaksin

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta
Sumber :
  • VIVA / Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Forkopimda Jawa Timur menggenjot vaksinasi di seluruh kabupaten/kota di provinsi ujung timur Pulau Jawa itu. Targetnya, 70 persen dari total warga Jatim sudah disuntik vaksin pada Desember 2021. Dengan demikian, dimungkinkan kekebalan kelompok atau herd immunity bisa dicapai.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

"Dimohon masyarakat secara rutin datang ke puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi. Harapannya di akhir Desember target 70 persen dari Provinsi Jawa Timur semuanya sudah terpenuhi,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat meninjau vaksinasi di Sidoarjo dan Mojokerto, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Di Sidoarjo, Kepolisian RI bekerja sama dengan Artha Graha Peduli dan anggota DPR RI Puti Guntur Sukarnoputra melaksanakan vaksinasi di Desa Wage, Kecamatan Taman. Sementara di Kabupaten Mojokerto dilaksanakan di Markas Kepolisian Resor setempat. Total vaksin disiapkan sebanyak 5.000 dosis dengan sasaran masyarakat umum.

Kasus Demam Berdarah Meningkat, Kapan Vaksin DBD Siap?

"Kami telah melaksanakan pengecekan vaksinasi di sejumlah daerah, tadi di Sidoarjo, dan sekarang di Mojokerto. Kemarin kami juga telah melaksanakan 18.000 vaksinasi kepada masyarakat. Lalu, rencana untuk hari Minggu kami juga melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain ada di Kabupaten Malang, dan beberapa polres lainnya," papar Kapolda.

Nico mengajak seluruh masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi. Namun demikian, protokol kesehatan tetap harus ditaati. "Ayo vaksinasi dan mudah-mudahan nanti target di awal September akan banyak datang vaksin di 970 puskesmas yang tersebar. Akan kami dukung, baik dari TNI maupun Polri,” tandasnya.

Targetkan Nol Kematian Akibat Dengue di 2030, Kemenkes Siapkan 19 Ribu Vaksin DBD

Selain vaksinasi untuk masyarakat umum, dalam dua pekan ke depan vaksinasi juga digenjot di sedikitnya 110 pesantren di Jatim. Sasaran utamanya ialah para santri usia 12-17 tahun sebagai persiapan mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas. Vaksinasi di lingkungan pesantren ini dipantau langsung oleh Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan, Jokowi Sapa Para Pelajar

Anak kucing

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Vaksinasi merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kucing. Dengan memberikan vaksin, kucing dapat terlindungi dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024