Niat Puasa Tarwiyah dan Niat Puasa Arafah

puasa tarwiyah
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Puasa tarwiyah dan puasa arafah adalah puasa sunnah yang di anjurkan oleh Rasulullah yang dilaksanakan setiap tanggal 8-9 di bulan Dzulhijah. Adapun puasa tarwiyah adalah puasa yang dilakukan setiap tanggal 8 Dzulhijah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Lalu, apa yang dimaksud puasa Arafah? Puasa arafa merupakan puasa yang dijalani pada 9 Dzulhijah atau sehari sebelum Idul Adha.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Puasa Arafah bermula ketika Nabi Ibrahim yang mendapat wahyu dari Allah SWT untuk menyembelih anak tercintanya, yaitu Nabi Ismail. Mimpi atau wahyu yang datang pada tanggal 8-9 Dzulhijah ini menguji keimanan dan ketakwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail pada Allah SWT. Kisah lengkapnya diceritakan dalam Al Quran Surat Ash Shaaffat: 100-113.

Banyak sekali keutamaan jika melaksanakan ibadah puasa sunnah tarwiyah dan arafah di bulan Dzulhijah. Puasa Tarwiyah diyakini bisa menghapuskan dosa satu tahun bagi umat Islam yang menjalankan. Dan puasa arafah adalah puasa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW (muakkad). Namun perlu diingat jika kamu sedang melaksanakan Ibadah Haji kamu tidak perlu mengerjakan puasa arafah. Bagi kamu yang sedang melaksanakan Ibadah Haji melakukan wukuf di padang arafah.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Keutamaan orang yang melaksanakan Ibadah puasa sunnah arafah adalah, yang menjalani ibadah puasa Arafah akan diampuni dosanya tahun lalu dan tahun yang akan datang. 

Artinya: Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun. (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Artinya: Tiada suatu hari pun yang amal saleh lebih disukai oleh Allah padanya selain dari hari-hari ini. Yakni sepuluh hari pertama dari Bulan Dzulhijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, "Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah?" Rasulullah Saw. menjawab: Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah, terkecuali seseorang yang keluar dengan membawa hartanya untuk berjihad di jalan Allah, kemudian tidak pulang selain dari namanya saja.

Niat Puasa Tarwiyah dan Niat Puasa Arafah

  • Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma ghadin ‘an ad?’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘?l?.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.

  • Niat Puasa Arafah 

 

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.  

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya