17 Ribu Ibu Hamil di Purwakarta Mulai Divaksin COVID-19

Ibu Hamil di Purwakarta Mulai Divaksin COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Sebanyak 17 ribu perempuan hamil kategori usia kandungan 13-34 minggu di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mulai disuntik vaksin COVID-19 di 17 sentra vaksinasi.

"Target sasaran pada minggu ini ada kurang lebih 4 ribu dari jumlah total ibu hamil 17 ribu. Tapi memang yang bisa divaksinasi adalah kehamilan yang di atas 13 minggu," ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Senin 30 Agustus 2021.

Anne memastikan vaksinasi bagi ibu hamil ini secara masif tuntas minggu depan. Saat ini pihaknya juga tengah meyakinkan perempuan hamil yang masih ragu dan ketakutan untuk menerima vaksin. 

"Kita akan terus pantau dan mudah-mudahan minggu depan vaksinasi 4 ribu ibu hamil ini sudah bisa kita selesaikan," katanya.

Selain ibu hamil, vaksinasi COVID-19 juga menyasar kalangan ibu menyusui. Data terbaru, jumlah masyarakat Purwakarta yang sudah divaksinasi COVID-19 sudah hampir mencapai 24 persen.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi menjelaskan, sasaran ibu hamil di Jabar untuk tahun ini 900 ribu orang. Namun, yang sesuai kriteria vaksinasi dengan usia kehamilan 13-34 minggu sebanyak 193.479 orang. “Sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021, jumlah ibu hamil yang sudah divaksinasi sebanyak 3.419 orang untuk dosis 1 dan yang sudah divaksinasi dosis 2 sebanyak 12 orang,” ujar Nina, Rabu 25 Agustus 2021.

Nina memastikan, perempuan hamil memiliki peningkatan risiko bergejala berat jika terinfeksi COVID-19. Bahkan diprediksi akan lebih parah jika menular pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. “Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terinfeksi COVID-19, karenanya vaksinasi terhadap mereka sangat penting untuk segera dilakukan. Upaya  pemberian vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil tersebut telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional,” tambahnya.

Nina menerangkan, perlu akselerasi dalam pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil. “Vaksin COVID-19 aman bagi ibu hamil, karena dengan vaksin akan menjadikan sehat, baik untuk ibunya maupun sehat untuk anak yang dikandungnya,” katanya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Aksi Bus Kopassus adang Bus Pandawa 87 yang nekat lawan arah

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Aksi ugal-ugalan bus Pandawa 87 di jalan raya hingga nekat melawan arah mendapat batunya saat berpapasan dengan bus Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Aksi lawan arah bus

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024