Momen Kocak Sumanto Manusia Kanibal Divaksin: Saya Sedang Berobat

Sumanto saat jalani vaksinasi COVID-19
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Vaksinasi COVID-19 terus digerakkan dengan menyasar ke masyarakat termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Salah satu yang menjalani vaksinasi adalah Sumanto yang pernah geger dengan kasus pencurian mayat lalu memakannya.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Sumanto saat ini menghuni Panti Rehabilitasi Mental Supono Mustajab di Desa Bungkanel, Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah. Selain Sumanto, penghuni serta pengelola panti rehabilitasi juga ikut menjalani vaksinasi.

Total, ada 36 orang menjalani vaksinasi di Panti rehabilitasi Supono Mustajab. Rinciannya, 26 orang dengan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dari klinik dan Yayasan Supono Mustajab, 3 ODGJ dari Desa Karanggedeng, 1 ODGJ dari desa lain, serta 6 pendamping di panti asuhan. Video vaksinasi yang dilakukan pada Sabtu, 28 Agustus 2021 ini viral di media sosial.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Dalam vaksinasi ini, Sumanto yang menurunkan maskernya ke dagu, tampak tersenyum terus sebelum dan usai divaksin. Bahkan, ia hanya tertawa saat petugas medis menyuntikan dosis vaksin ke lengan kirinya.

"Saya sumanto sedang divaksin begitu, bilang," kata salah seorang petugas medis perempuan menyuruh Sumanto dalam video yang dikutip pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Sumanto pun merespons dengan mengangkat tangan kirinya seraya tertawa. Lalu, ia bilang. "Saya Sumanto sedang berobat," kata Sumanto.

Tak puas dengan jawaban Sumanto yang bilang sedang berobat, petugas medis memintanya lagi agar mau bicara sudah divaksin. Tapi, lagi-lagi Sumanto tetap menjawab sedang berobat dengan tambahan kalimat yang membuat petugas medis dan sejumlah orang di lokasi tertawa.

Sumanto dan 35 orang lainnya mendapatkan vaksin Sinopharm. Rencananya, dosis kedua akan diberikan pada 18 September 2021.

Sumanto pernah membuat geger publik Tanah Air pada Januari 20O3. Ia mencuri mayat lalu memakannya seolah memasak daging pada umumnya. 

Dalam kasusnya, Sumanto mengaku memakan 3 mayat di lokasi berbeda yaitu Purbalingga, dan Lampung. Saat itu, ia percaya aksi kanibalnya bisa memberikan kekuatan batin supranatural.

Akibat aksi kanibalnya itiu, Sumanto dijatuhi hukuman 5 tahun pidana. Tapi, ia dibebaskan pada Oktober 2006 karena beberapa kali mendapatkan remisi. 

Usai bebas, ia ditampung di Panti Rehabilitasi di Karanganyar, Purbalingga. Kondisi kejiwaan dan mentalnya terus membaik selama di panti rehabilitasi.

Laporan: Sonik Sujatmiko dari Purbalingga-tvOne
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya