Dualisme Sekda Papua Disebut Bisa Berdampak pada PON XX

Poster PON Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sekjen IPPI Budi Herianto menuturkan seharusnya kunjungan Mendagri ke Papua pada 4 September 2021 seharusnya dapat menyelesaikan persoalan dualisme Sekda Papua. Menurut aktivisi kepemudaan yang biasa disapa Bang Budi, dualisme Sekda Papua saat ini berdampak terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan apalagi Papua akan menghadapi PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021.

Sri Mulyani Kumpul Bareng Menkeu G20 hingga IMF di AS Bahas Dampak Konflik Israel-Iran 

"Saat ini di Papua mempunyai dua Sekda pertama hasil keputusan Presiden Jokowi sebagai Sekda Dance Julian Flassy dan kedua hasil keputusan Gubernur Papua Lukas Enembe menunjuk M. Ridwan Rumasukun sebagai pelaksana tugas Sekda Papua," kata Budi.

Ia menuturkan, jika Mendagri tidak menyelesaikan dualisme Sekda Papua maka berpotensi munculkan tindak pidana korupsi, dimana sebenarnya yang mempunyai kewenangan dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

"Apalagi saat ini sedang dihadapi sama  PON XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021Papua dan dapat disalahgunakan sama Sekda bentukan Gubernur Papua," kata Budi.

Ia melanjutkan, jika mau mengacu kepada Intruksi Presiden bahwa semua persoalan harus diselesaikan sebelum PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021 digelar, maka Mendagri harusnya menyelesaikan konflik persoalan Sekda Papua dan yang mempunyai hak dalam pengeluaran anggaran adanya pada Sekda hasil keputusan Presiden Jokowi.

18 Juta Orang di Sudan Menghadapi Krisis Pangan Akut di Tengah Konflik

"Jangan sampai terjadi konflik dan persoalan di PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021 efek dari persoalan dualisme Sekda belum selesai dan seharusnya 

Mendagri sebagai pembantu Presiden mengamankan keputusan Presiden Jokowi terkait Kepres Sekda Papua," ucap Budi.

Potret Haru Presiden Vladimir Putin Nyalakan Lilin untuk Korban Terorisme di Mos

Putin Telepon Presiden Iran Wanti-wanti Dampak Memanasnya Konflik Timur Tengah

Putin dan Presiden Raisi membahas tindakan pembalasan yang diambil oleh Iran terhadap Israel dalam sambungan telepon.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024