PAN Minta TV Jangan Beri Ruang Untuk Saipul Jamil

Saipul Jamil saat bebas dari penjara.
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Partai Amanat Nasional atau PAN, mendesak stasiun TV untuk menghentikan semua tayangan yang terkait dengan Saipul Jamil.  Jubir muda PAN, Aliah Sayuti menilai public figure yang berstatus mantan narapidana pencabulan, tidak sepantasnya diberikan panggung untuk menyiarkan perayaan kebebasan.

Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Menurut Aliah, sebaiknya stasiun televisi atau media penyiaran yang menayangkan euforia kebebasannya, lebih memikirkan bagaimana kondisi korban saat ini. Sementara untuk pelaku, tidak perlu diberi ruang karena akan berdampak pada psikologis korban.

"Saat korban masih berjuang melepas trauma, Saipul Jamil masih diundang di stasiun televisi dan disambut meriah di hari kebebasannya seperti seorang pahlawan. Sudah sepantasnya seorang mantan narapidana pencabulan anak tidak diberikan panggung lagi di dunia hiburan tanah air," kata Aliah, Selasa 7 September 2021.

Viral Candaan dengan Igun, Saipul Jamil: Kalau Mau Jaga Perasaan Korban Jangan Diungkit Lagi

Baca juga: Ganjar Girang Jateng Bebas PKM Level 4 tapi Wanti-wanti Tak Euforia

Saat ini, aksi protes masyarakat juga semakin tidak terbendung dan menolak pelaku kekerasan seksual anak diberi panggung. Lebih lanjut Aliah mengatakan, petisi penolakan Saipul Jamil kembali ke televisi di Change.org kini telah ditandatangi 465.922 orang

Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

Aliah menegaskan, stasiun televisi harus mengingat bahwa yang mereka gunakan saat ini adalah frekuensi publik. Sehingga harus lebih mendengarkan apa yang menjadi keinginan publik.

"Ingat, ini frekuensi publik dimana televisi memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat. Jadi dengarkan suara rakyat dan berikan tayangan yang mengedukasi,"ujar Aliah.

Aliah juga mengingatkan, agar memperhatikan respon besar masyarakat yang memiliki perhatian pada kasus-kasus yang dilakukan Saipul Jamil.

"Sebelum terjerat kasus, Saipul Jamil merupakan public figure yang kerap tampil di layar kaca dan berperan penting dalam peningkatan rating acaranya. Namun saat Saipul Jamil bebas, bukan berarti televisi bisa menggunakan sosoknya lagi demi menaikan rating," tutup Aliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya