Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Masih Ungguli Anies dan Ganjar

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto serahkan motor operasional TNI ke Kasau
Sumber :
  • Kemhan RI

VIVA – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) melakukan riset terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang masuk bursa bakal calon presiden di Pilpres 2024. Hasil survei, elektabilitas Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih tertinggi.

MK Sebut Total Ada 33 Pengajuan Amicus Curiae, Hanya 14 yang Didalami Hakim

Direktur SPIN, Igor Dirgantara menyampaikan dari survei terbaru pihaknya dilaporkan bahwa Prabowo masih unggul dibanding tokoh lain yang digadang-gadang maju pada 2024. Sejumlah figur yang elektabilitasnya di bawah Prabowo versi survei SPIN seperti Gubernur DKI Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Prabowo Subianto kembali juara dengan perolehan elektabilitas sebesar 21,9 persen, disusul berturut-turut oleh Anies Baswedan 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen, AHY 8,7 persen," kata Igor dalam keterangannya, Rabu, 8 September 2021.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Dia menjelaskan, setelah AHY ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 4,9 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,3 persen, hingga Menteri Sosial Tri Rismaharini 1,8 persen.

Pun, ia menambahkan dari sisi popularitas, nama Prabowo juga masih unggul. Ia mengatakan eks Komandan Jenderal Kopassus itu memiliki tingkat kesukaan paling tinggi dibandingkan figur lain.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Setelah Prabowo ada nama Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Prabowo Subianto masih memiliki tingkat kesukaan yang paling tinggi dibanding calon lainnya. Ada sebesar 76,6 persen responden yang suka," jelas Igor.

Menurut Igor, popularitas Prabowo mungkin karena ada rangkaian peristiwa maupun aktivitasnya yang diketahui publik secara luas. Maka itu, hal itu yang dinilai ikut menunjang elektabilitas eks Pangkostrad tersebut.

"Publik melihat tindakan dan sikap Prabowo yang konsisten terhadap isu-isu yang diangkatnya pada saat kampanye sebelum menjadi menteri pertahanan sekarang," ujarnya.

Kemudian, dia menambahkan masih ada responden yang tak menganggap usia sebagai hambatan untuk maju di Pilpres 2024.

Sementara, dalam survei mayoritas responden juga menilai kinerja pemerintahan Presiden Jokowi Widodo baik. Hal ini termasuk dalam penanganan pandemi COVID-19. "Sebagian responden, agregat 46,6 persen menjawab secara positif kinerja pemerintah," tuturnya.

Dalam survei ini, pengumpulan data dilakukan 7 Agustus 2021 sampai 21 Agustus 2021 di 34 provinsi. Kriteria responden 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah dengan sampel berjumlah 1.670.

Teknik survei menggunakan multistage random sampling. Pun, margin of error dalam survei kurang lebih 2,4 persen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya