Polisi Duga Ada Tindak Pidana dalam Kebakaran Lapas Tangerang

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjenpas, Thurman Hutapea.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Adi Hidayat mengatakan, ada temuan tindak pidana dalam insiden kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang. Dugaan itu mencuat dari hasil penyelidikan sementara atas terbakarnya blok C2 yang menewaskan 41 orang.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

"Karena diduga terjadi tindak pidana, maka kami mengumpulkan alat bukti. Di samping alat bukti, ada juga pemeriksaan saksi yang saat ini bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota," kata Tubagus, Rabu 8 September 2021.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjenpas, Thurman Hutapea, mengaku belum mendapat laporan menyeluruh dalam proses penyelidikan terkait dugaan tindak pidana dalam insiden kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang itu.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

"Belum. Saya sebatas mendampingi beliau-beliau ini saja (pihak Polri dalam konferensi pers)," ujar Thurman di RS Polri Kramat Jati, Jumat 10 September 2021.

Menurut Thurman, hasil penyelidikan sementara, peristiwa kebakaran itu mengarah pada korsleting listrik di blok C2. Namun guna membuktikan hal itu, pihaknya mempersilakan penyidik untuk membuka kamera CCTV Lapas Kelas 1 Tangerang untuk membantu penyelidikan dan menyerahkan penanganan kasus.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Ada CCTV, itu SOP (standar operasional pengamanan). Silakan diperiksa," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Ditjen PAS, Muji Raharjo yang ikut mendampingi Thurman Hutapea ke RS Polri enggan berkomentar. Berulang kali dikonfirmasi terkait pernyataan Tubagus atas adanya dugaan tindak pidana, Muji tetap enggan menanggapi pertanyaan wartawan di RS Polri Kramat Jati.

"Ampun, ampun," tutur Muji sembari berlalu meninggalkan wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya