Wakil Ketua MPR RI Soroti Vaksinasi di Lampung yang Rendah

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani
Sumber :
  • Dok. Ahmad Muzani

VIVA – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, menyoroti persentase vaksin masyarakat Lampung yang masih terbilang rendah. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan provinsi, per 8 September 2021, warga yang telah divaksin sebesar 14,26 persen atau 2.034.950 dari target 14.619.497 juta dosis.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

Muzani mengatakan, selain pemerintah, partai politik juga memiliki tanggung jawab untuk bisa memberikan pelayanan dan jaminan kesehatan terhadap konstituennya dalam hal ini vaksinasi. Apalagi, Lampung adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan pulau Jawa, yang merupakan wilayah dengan mobilitas masyarakat sangat tinggi.

"Oleh karenanya perlu partisipasi dari semua pihak, support dari semua kalangan, termasuk partai politik, anggota DPR dan DPRD, dalam membantu percepatan pelakanaan vaksinasi," kata Muzani, kepada wartawan, Sabtu 11 September 2021.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Muzani menyampaikan, aaat ini rakyat sedang memerlukan support atau bantuan dari semua kalangan dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Hal itu yang mendorong Gerindra, untuk terus berbakti pada rakyat sejak persoalan COVID-19 ini merebak.

"Vaksinasi adalah cara untuk menghindari dari bahaya COVID-19. Maka, upaya ini pun ditempuh oleh Gerindra pada masyarakat agar mereka sehat, kuat, dan dapat meraih masa depannya lebih baik lagi," kata Muzani.

Prabowo Utus Anak Buah Buat Rekonsiliasi dengan Lawan Politik

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI itu mengatakan, di Lampung, Gerindra menggelar vaksinasi dengan target 20 ribu dosis vaksin, dan diharapkan dengan ini dapat mempercepat kekebalan imun (herd immunity) dari ancaman COVID-19. Sehingga kegiatan masyarakat dan perputaran roda ekonomi dapat kembali normal menstimulus pendapatan di sektor UMKM. 

"Lampung adalah provinsi yang berbastasan langsung dengan Pulau Jawa dan juga gerbang Sumatera. Ini adalah provinsi yang sangat penting dalam lalu lintas Sumatera-Jawa. Karena itu, tingkat kekebalan masyarakat Lampung haruslah lebih baik," ujar Muzani

Selain itu, Muzani juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski sudah mendapatkan vaksin, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Terkait dengan jadwal vaksinasi kedua, Muzani belum bisa merinci pelaksanaannya. Namun sia memastikan bahwa vaksinasi dosis kedua akan segera dikoordinasikan dengan semua pihak. 

"Percepatan vaksinasi ini juga bertujuan untuk memulihkan perekonomian di Lampung, sehingga sektor UMKM, pedagang kaki lima, tukang ojek, tukang sayur di pasar dan semua pengusaha kecil bisa bertransaksi dengan rasa aman dan nyaman karena sudah divaksin," ujar Muzani.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya